3 Kecamatan di Kendal Berstatus Zero Covid-19, Bupati Dico : Jangan Kendor Tetap Disiplin Prokes 5M

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengunjungi pelaksanaan vaksin di Balai Desa Limbangan yang dilaksanakan DPD Partai Golkar Kendal. Foto : Istimewa

Kendal (Sigi Jateng) – Tiga kecamatan di Kabupaten Kendal Jawa Tengah dinyatakan Zero Covid-19. Ketiga wilayah kecamatan itu Yakni Kecamatan Kangkung, Kecamatan Pegandon dan Kecamatan Limbangan. Meski angka positif di Kendal semakin menurun, masyarakat diminta tidak kendor untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

Bupati Dico M Ganinduto meminta warga tetap melaksanakan 5 M untuk menjaga kondisi Kendal tetap di zona hijau. Kondisi Kendal yang sudah semakin membaik berkat kerjasama semua pihak yang bersama-sama mengendalikan Covid-19 serta program vaksinasi di sejumlah wilayah di Kendal.

“Kami menghimbau kepada masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan Covid 19. Alhamdulillah Kendal saat ini sudah zona hijau dan sudah di level 2, namun protokol kesehatan harus tetap dijaga,” jelas Bupati Kendal Dico M Ganinduto disela meninjau langsung kegiatan vaksinasi bagi masyarakat di Kecamatan Limbangan, Sabtu (4/9/2021).

Disampaikan Dico, dari dua puluh kecamatan di Kabupaten Kendal ada tiga kecamatan yang dinyatakan Zero Covid_19. Sementara 18 kecamatan lainnya masih diisi beberapa kasus aktif dengan jumlah kasus maksimal 10 orang.

“Alhmadulilah di PPKM level 2 ini angka kasus Covid di Kendal mulai menurun. Namun jangan sampai lengah agar tidak muncul Cluster baru. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kendal angka Covid-19 yang aktif saat ini tinggal 79 orang,” kata dia.

“Itupun rata rata yang mempunyai komerbit. Sehingga rumah sakit yang tadinya merawat pasien Covid sudah banyak yang kosong. Keterisian Bed Occupancy ratio di RSDC Kendal secara grafik juga menurun. Angka penurunan Covid-19 di Kendal terus membaik hingga pekan pertama September,” tandas Dico.

Meski ada penurunan kasus dan Namun masyarakat diimbau tetap melaksanakan prokes dengan menggunakan masker rangkap dua, menjaga jarak dan cuci tangan. Selain upaya maksimal dari tim satgas penanganan Covid-19, lanjut Dico, dirinya menilai peran aktif percepatan vaksinasi efektif mencegah potensi penularan virus.

Seperti yang dilakukan kegiatan vaksinasi dosis I di sejumlah wilayah yang digelar DPD Partai Golkar Kabupaten Kendal dengan menyasar 440 warga. Kapolsek Limbangan IPTU Rasban mengatakan rencana peserta vaksin sebanyak 440 orang, dengan diikuti beberapa desa di Kecamatan Limbangan.

Seperti dari Desa Limbangan 190 orang, Desa Tabet 40 orang, Desa Peron 40 orang, Desa Ngesrepbalong 40 orang, Desa Tamanrejo 40 orang, Desa Gondang 40 orang, Desa Tambahsari 30 orang, serta Desa Jawisari 20 orang.

“Sementara total yang hadir 429 orang tidak hadir 11 orang, sedangkan yang tervaksin 420 orang. Yang tidak memenuhi syarat 9 orang karena batuk, hipertensi, dan hamil muda,” ujarnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here