3 Dusun di Grobogan Terisolasi Akibat Tanah Longsor di Jalur Hutan

Sebuah kendaraan truk terjebak di jalur hutan Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan yang mengalami longsor. Foto: Istimewa

Grobogan (Sigi Jateng) – Peristiwa tanah longsor yang terjadi di jalur hutan Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan mengakibatkan ratusan kepala keluarga (KK) di tiga dusun terisolasi.

Pasca Longsor, sejumlah kendaraan truk mencoba melintasi jalan darurat. Namun kendaraan justru terjebak di tengah jalan yang longsor. Warga terus berusaha mencoba mendorong namun upaya yang dilakukan selalu gagal, bahkan truk kembali merosot ke belakang.

Agar truk bisa melewati longsoran, warga menarik truk dengan menggunakan tali tampar dan muatan diturunkan untuk mengurangi beban. Sementara, longsor disebabkan karena tergerus air sungai yang mengalir di wilayah hutan Segoro Gunung.

Seluruh talud sepanjang 100 meter yang menjadi pengaman jalan, ikut amblas akibat tergerus air sungai yang membentang di sepanjang wilayah hutan Segoro Gunung. “Akibat tanah longsor, tiga dusun di Desa Nglinduk, yakni Gumping, Segoro Gunung, dan Karanggeneng kini terisolasi,” kata Kepala Dusun Gumping, Warsito, Selasa (28/9/2021).

Longsor mengakibatkan roda perekonomian warga di tiga dusun menjadi terganggu. Masyarakat setempat rata-rata pencahariannya sebagai perajin batu bata dan pedagang sayur di pasar. Seluruh muatan yang biasanya diangkut menggunakan kendaraan roda empat, kini tidak bisa melintas di jalan yang menjadi penghubung satu-satunya di tiga dusun.

Tanah longsor sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Namun longsor paling parah terjadi Senin (27/9/2021) malam pasca hujan deras. Longsor terjadi di jalan sepanjang 30 meter dengan lebar 10 meter.

Agar tetap bisa dilalui kendaraan roda empat, warga bergotong royong meratakan longsoran di bawah tebing. Sedangkan kendaraan roda dua dibuatkan jalan darurat di atas tebing.

Terkait kondisi tersebut, warga berharap kepada pemerintah tanggap dan membangun kembali jalan yang sudah terputus, sehingga bisa dilewati dan roda perekonomian kembali normal. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here