2 Unit Hagglund Milik PMI Diterjunkan ke Lokasi Erupsi Semeru, Berikut ini Kemampuannya!

Kendaraan Hagglund milik PMI dikerahkan ke kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru (Foto: Dok. PMI)

Surabaya (Sigi Jateng) – Dua unit mobil Hagglund milik Palang Merah Indonesia (PMI) diterjunkan ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, pada Minggu (5/12/2021). Kedua unit Hagglund itu diberangkatkan dari pangkalan di Cileungsi, Kabupaten Bogor dan akan tiba di Posko PMI di Lumajang pada Senin (6/12/2021) siang.

Kendaraan multi fungsi Hagglund ini memiliki roda rantai yang bisa melintasi medan dengan suhu panas. Juga bak bagian belakangnya bisa digunakan untuk mengangkut barang serta manusia. Membantu evakuasi korban di daerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa dan mencari korban yang tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin.

Kendaraan Hagglund milik PMI dikerahkan ke kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru (Foto: Dok. PMI)

Diketahui kendaraan Hagglund ini telah beberapa kali diterjunkan membantu evakuasi korban letusan gunung, termasuk erupsi Gunung Merapi pada 2010, erupsi Gunung Kelud pada 2011, dan erupsi Gunung Sinabung pada 2013.

Kini, Hagglund PMI kembali dilibatkan dalam evakuasi di lokasi erupsi Gunung Semeru, “Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Surakarta berhasil menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Itu ketika tahun 2010,” menurut keterangan tertulis tim Media PMI.

Relawan PMI bersama Tim SAR lainnya berhasil mengevakuasi beberapa jenazah yang ditemukan di dalam rumah warga di kawasan pemukiman Mbah Marijan kala itu. Hagglund memiliki ketangguhan bisa melintasi jalur yang dipenuhi debu vulkanik dengan suhu sampai 60 derajat celcius.

“Bak bagian belakang bisa digunakan mengangkut barang serta manusia. Membantu evakuasi korban di daerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa dan mencari korban yang tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin,” tulisnya lagi.

Sebelumnya, Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, memerintahkan jajarannya menurunkan Hagglund milik PMI ke lokasi erupsi Semeru. Staf Biro Sarpras Markas Pusat PMI menindaklanjuti perintah JK, sapaan akrab Jusuf Kalla. “Hagglund ini di bawah kendali operasi PMI Kabupaten Lumajang dalam menjalankan operasi pencarian,” tulis tim media PMI. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini