2 Pegulat Jateng Tumbang, Tim Gulat Jateng Taruh Harapan ke 1 Atlet Gulat Asal Kudus Raih Medali PON XX Papua Besok

Dua atlet gulat saling beradu kekuatan dalam pertandingan cabang olahraga gulat PON XX Papua 2021 yang dihelat di GOR Futsal Merauke.

Merauke (Sigi Jateng) – Dua pegulat Jawa Tengah tumbang saat menghadapi sejumlah lawan antar daerah dalam cabang olahraga Gulat PON XX Papua yang digelar di GOR Futsal Merauke selama dua hari berturut-turut.

Kedua pegulat Jateng di nomor kelas berbeda ini adalah Siti Aliyah asal Kota Tegal yang bertanding tanggal 10 Oktober 2021 di nomor kelas 62 Kg gaya bebas putri dan Tegar Arya Wibisono asal Brebes di nomor kelas 57 Kg gaya bebas putra yang ditandingkan pada 11 Oktober 2021 hari ini.

Ketua Umum PGSI Pengprov Jawa Tengah, Andreas Budi Wirohardjo menyebut ketidakberhasilan kedua atlet gulatnya dalam berlaga di PON XX Papua tersebut lantaran posisi mental yang rendah. Padahal, jauh sebelumnya keduanya merupakan atlet pilihan di kelasnya masing-masing.

“Mereka berdua ini merupakan atlet gulat terbaik di kelasnya masing-masing. Terlebih, keduanya juga sudah lolos saat maju di Pra PON,” kata Andreas saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (11/10/2021) petang.

Dia mengatakan selama pandemi, cabang olahraga gulat jarang dilakukan lomba kejuaraan. Padahal, jauh sebelum pandemi covid-19 Pengprov Jateng kerap menggelar kejuaraan gulat lebih dari 4-5 kali.

“Jelas ini sangat berbeda kondisinya. Bisa dilihat dari luar daerah provinsi saja jarang yang menggelar kejuaraan gulat, berbeda dengan Jateng yang rutin dan aktif menggelar. Pandemi memang benar-benar mempengaruhi apapun,” jelasnya.

Dirinya berharap, meski ada dua atlet gulat Jateng yang belum berhasil memperebutkan medali. Masih ada satu pegulat lagi yakni Ahmad Umar Maulana asal Kudus, Jawa Tengah di nomor kelas berbeda diharapkan bisa meraih medali.

“Mohon doanya bagi masyarakat Jateng agar atlet gulat kita menang dan mendapat juara di PON XX Papua 2021 ini,” tutup Andreas yang juga berharap agar pandem ini juga segera berakhir dan kembali normal.

Sementara itu, Manajer Tim Gulat Jawa Tengah, Ukky Juli Setiawan, mengatakan dalam gelaran PON XX Papua ini menargetkan satu medali emas bisa diraih satu dari tiga atlet gulat Jawa Tengah ini. Dua atlet gulat sudah bertanding tapi kemenangan belum berpihak, sedangkan untuk atlet Ahmad Umar Maulana di kelas 125 kilogram gaya bebas putra akan bertanding pada tanggal 12 Oktober 2021 besok.

Ukky menjelaskan guna mempersiapkan diri, para atlet terus berlatih agar saat perlombaan mereka betul betul siap. “Latihan 3x dalam sehari menghadapi pertandingan, namun intensitas latihan rendah dengan tujuan hanya menjaga kondisi fisik agar otot tidak kendur,” kata Ukky.

“Cuaca sangat mendukung karena hampir sama dengan Jawa Tengah. Mohon doa restunya dari masyarakat agar atlet gulat Jateng bisa memberikan yang terbaik di PON XX Papua ini,” imbuhnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here