Zona Hijau, Kota Tegal Jadi Satu-satunya Daerah di Pulau Jawa yang Boleh Beraktivitas Lagi

Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi saat kunjungan di arena alun-alun Tegal, tadi pagi (31/5/2020). ( foto rateg)

TEGAL (SigiJateng)— Luar biasa. Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah menjadi satu-satunya daerah di Pulaua Jawa yang Kota Pulau Jawa yang diperbolehkan pemerintah pusat kembali membuka aktivitas produktif, usai dibatasi akibat wabah virus corona (covid-19). Karena wilayah yang dikenal sebagai Kota Bahari itu sudah zero covid-19, dan kembali menjadi zona hijau.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono telah melaunching penerapan New Normal Life di Kota Tegal, Sabtu (30/5) lalu. Kebijakan ini dilakukan usai berakhirnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) 23 Mei lalu.

Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo meminta 102 daerah kembali menggelar kegiatan produktif. Mayoritas daerah yang dimaksud berada di luar Pulau Jawa.

Kehendak Jokowi itu tak lepas dari wabah virus corona yang menurun jumlah penularannya di 102 daerah tersebut. Salah satunya adalah Tegal.

Saat Covid-19 mulai mewabah di berbagai wilayah di Indonesia, Pemkot Tegal mengambil sikap yang tegas. Upaya pencegahan dilakukan dengan cara local lockdown meski pemerintah pusat belum menghendaki.

Pemerintah daerah lain pun belum ada yang melakukan hal serupa. Hanya Pemkot Tegal yang kala itu berani melakukan local lockdown.

Sempat ada tiga kasus positif corona di Tegal. Satu orang dinyatakan meninggal dunia dan dua orang sembuh dari Covid-19. Dengan demikian, sejak 6 Mei, sudah tidak ada lagi kasus corona baru di Tegal.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pun sempat diterapkan sejak 23 April. Sempat diperpanjang hingga 21 Mei lalu. Hasilnya, benar-benar tidak ada kasus virus corona baru.

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengklaim sudah menerapkan tatanan hidup baru atau new normal mulai hari ini, Minggu (31/5). Akan tetapi, masih banyak sektor yang belum diperkenankan beroperasi kembali. Salah satunya adalah sekolah.
Sejauh ini, Jumadi mengaku masih meninjau ke berbagai lokasi untuk menerapkan new normal dengan lebih luas. Pada Minggu pagi (31/5), dia sempat berkeliling kota melihat aktivitas warga sekaligus memberikan sosialisasi.

“Kita tidak boleh lengah, harus tetap waspada walaupun sudah zona hijau tetap protokol kesehatan harus dipertahankan, ini tidak bisa ditawar lagi,” kata Jumadi saat dihubungi, Minggu (31/5).

Jumadi juga mengaku masih meninjau tempat-tempat wisata. Dia bersama Wali Kota Dedy Yon Supriyono mengunjungi berbagai lokasi sebelum new normal diterapkan secara luas.

“Saya masih sama Pak Wali lagi nyoba Jet Ski, paralayang, banana boat dan lain-lain,” kata Jumadi.
Apresiasi terhadap Pemkot Tegal disampaikan DPP Partai Demokrat. Diketahui, pasangan Wali Kota Dedi Yon-Wakil Wali Kota Jumadi merupakan kader Partai berlambang mercy tersebut.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Demokrat Ossy Dermawan mengapresiasi cara Pemkot Tegal menanggulangi virus corona. Ossy berharap kinerja baik itu terus dipertahankan agar tidak ada warga setempat yang menjadi korban virus corona.

“Walikota Tegal merupakan kader Partai Demokrat. Tentu Partai Demokrat memberikan apresiasi atas kinerja Walikota untuk menangani Covid-19 sehingga berhasil menekan jumlah penyebaran di daerahnya dan menyelamatkan masyarakat di Kota Tegal,” pungkasnya. (cnnindonesia/rizal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini