Yuk Sholat Dhuha, Ringan dan Mudah Kok, Berikut 4 Manfaatnya

Ilustrasi: Berikut tata cara Sholat Dhuha. ( foto dok sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID – Kita sudah sering mendengar Sholat Dhuha. Namun diantara kita, meski sering mendengar, bahkan juga diajak, juga belum mau melaksanakan sholat Dhuha.

Padahal, sholat duha itu ringan dan mudah, tapi fadhilah besar sekali. Setidaknya, sholat dhuha itu adalah sebagai wujud syukur hamba kepda Allah, atas segala nikmat yang diberikan.

Sholat dhuha merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada pagi hari. Waktunya sangat panjang, yakni sekitar 15 menit setelah matahari mulai terbit hingga 15 menit sebelum masuknya waktu sholat zuhur. Pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan sholat 5 waktu, dapat dikerjakan 2 rakaat hingga maksimal 12 rakaat dengan masing-masing dua rakaat diakhiri satu salam.

Yuk rutinkan, misalkan sebelum berangkat kerja, istirahat sebentar saat kerja. Atau mungkin bagi yang pagi hari agak santai, malah bisa dilakukan dengan sesuai keinginan.

Berikut manfaat sholat Dhuha bagi kita yang mengerjakannya.

Kesatu : Pahalanya seperti bersedekah
Mengerjakan sholat dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan seperti keutamaan sedekah. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita terlebih jika kita ikhlas mengerjakannya

Kedua: Dicukupi kebutuhan kita oleh Allah.
Sholat Dhuha yang dilakukan oleh seseorang diawal hari menjanjikan tercukupinya rezeki atau kebutuhan seseorang tersebut di akhir hari. Sholat Dhuha merupakan sholat yang dilakukan untuk memohon rizki kepada Allah SWT. Hal tersebut ditunjukan oleh ketentuan waktu pelaksanaan dan tersirat dalam do’a yang dibaca setelah pelaksanaan sholat tersebut. Selain itu, Allah juga berjanji pada setiap umat islam yang rajin melaksanakan sholat Dhuha untuk mencukupi apa yang menjadi kebutuhannya, setidaknya kebutuhannya disore atau diakhir hari. Dengan janji-Nya tersebut, Allah sebenarnya ingin memberikan balasan dan imbalan atas kesediaan hamba-Nya untuk mengingat diri-Nya di waktu Dhuha dengan memenuhi apa-apa yang menjadi kebutuhan dia sepanjang hari itu.

Ketiga: Menggugurkan dosa
Sholat Dhuha akan menggugurkan dosa-dosa orang yang rutin melakukan ibadah sholat dhuha meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan.

Kempat: Memudahkan Segala Urusan
Sholat dhuha juga dapat memudahkan segala urusan kamu. Dengan dimudahkannya urusan kamu, maka hal ini menjadi bukti bahwa manfaat sholat dhuha untuk jodoh bertambah kuat karena sebelumnya waktu dhuha merupakan waktu paling ijabah untuk berdoa. Kepercayaan tentang keajaiban akan timbul dikala kamu menjalankan sholat dhuha disertai khusuk dan ikhlas. Semua urusan kamu pada hari itu akan dimudahkan oleh Allah SWT. Dan masih banyak lagi mengenai manfaat salat Dhuha.

Yuk sahabat Sigijateng dimanapun berada, mari kita sama sama meminta Ridho Allah. Mohon pertolongan dan rejeki Allah SWT dengan sholat Dhuha. (Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini