Wisata Migas Cepu Edupark Diresmikan Bupati Blora, Terbuka Untuk Umum

Bupati Blora Djoko Nugroho saat meresmikan MC Edupark, Sabtu (6/9/2020) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (SigiJateng) – Bupati Djoko Nugroho bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM, Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, Ph.D; Kepala PPSDM Migas Cepu, Wahid Hasyim, dan jajaran Kementerian ESDM, melakukan peresmian Migas Cepu (MC) Edupark di Nglajo, Cepu, Sabtu (6/9/2020).

Migas Cepu Edupark atau yang disingkat MC Edupark ini adalah sebuah pengembangan aset Kementerian ESDM yang dimiliki BPSDM Migas dan dikelola PPSDM Migas Cepu sebagai daya tarik wisata.

Kepala PPSDM Migas Cepu, Wahid Hasyim, menjelaskan bahwa pihaknya memiliki banyak aset yang keberadaanya belum memberikan manfaat maksimal untuk masyarakat. Sehingga muncul ide untuk mengembangkannya sebagai daya tarik wisata.

“Kami di Cepu ini punya kawasan berupa lapangan golf, kolam renang dan lapangan atletik, hingga beberapa wisma seperti wisma suko. Namun keberadaannya belum bisa memberikan manfaat untuk masyarakat. Oleh sebab itu kami muncul ide untuk mengembangkannya sebagai kawasan wisata edukasi tentang migas,” papar Wahid Hasyim.

Ada banyak wahana yang dibangun disini, selain kolam renang, ada waterbom, futsal indoor, kolam arus, migas park, mini zoo, dan museum migas outdoor, serta restoran. Sejumlah lapak UMKM untuk warga sekitar juga didirikan.

“Kami berharap MC Edupark ini nantinya bisa memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak Blora dan sekitarnya tentang dunia migas. Biasanya anak TK, SD selalu ada outing class, dan sering pergi keluar kota, sehingga membuang uang keluar daerah. Dengan adanya MC Edupark ini setidaknya uang kita akan berputar di dalam daerah sendiri sehingga dapat menumbuhkan ekonomi,” tambah Wahid Hasyim.

Selain itu, dengan pengembangan MC Edupark ini menurutnya juga membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Dengan begitu PPSDM Migas Cepu bisa membantu Pemkab dalam menyediakan lapangan pekerjaan.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya sebelum menandatangani prasasti, mengungkapkan rasa senangnya karena satu lagi terobosan cemerlang dilakukan PPSDM Migas Cepu yang menyulap kawasan elit yang dulunya hanya untuk kalangan pejabat migas, kini diubah menjadi tempat wisata untuk umum.

“Bagus ini. Dulu tempat ini lokasi favorit, namun sepi karena hanya dikhususkan untuk para pejabat Kementerian ESDM dan Pertamina. Alhamdulillah terobosan Pak Wahid ini luar biasa. Kami akan membantu sosialisasi ke sekolah-sekolah agar outing class nya tidak keluar kota, cukup ke Cepu saja,” ujar Bupati.

Baca Berita Lainnya

Sementara itu, Kepala BPSDM ESDM, Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, juga mengaku senang dan optimis MC Edupark ini kedepan akan semakin berkembang dan memberikan manfaat untuk masyarakat.

Usai peresmian dengan penandatanganan prasasti, dilanjutkan sesi ramah tamah dengan komunitas sepeda PERTABIKE di restoran Wisma Suko yang berada di dalam kawasan MC Edupark. (Agung)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini