Waduh..!! Jateng Tertinggi Kasus Covid-19 Bersama 4 Provinsi Lainnya Selama Sepekan

ilustrasi

Jakarta (Sigi Jateng) – Pemerintah melaporkan lima provinsi di Indonesia dengan kenaikan kasus Covid-19 tertinggi pada pekan ini. Lima provinsi itu adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di akun YouTube BNPB, Selasa (13/10/2020). Wiku mengatakan tiap daerah mengalami kenaikan kasus berbeda-beda.

“Perlu perhatian, khusus pada lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pada pekan ini, di pekan sebelumnya Jawa Tengah dan Jawa Barat sudah berhasil keluar dari lima besar, namun di pekan ini kembali masuk ke dalam lima besar,” kata Wiku.

Berikut lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pekan ini:

  1. Jawa Tengah naik sebesar 499
  2. Jawa Barat naik sebesar 383
  3. Papua Barat naik sebesar 314
  4. Sulawesi Selatan naik sebesar 277
  5. dan Sulawesi Tenggara naik 204

“Bagi daerah masih masuk lima besar, kami minta segera evaluasi terkait penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Jangan berlomba-lomba masuk ke lima besar kasus positif karena ini bukan prestasi,” jelasnya.

Wiku menyebut jika perkembangan kasus Corona di tingkat nasional menurun dari pekan sebelumnya. Namun pekan ini kembali ada kenaikan.

“Pada tingkat nasional setelah di minggu lalu mengalami penurunan kasus positif, ternyata di minggu ini kembali terjadi kenaikan kasus positif sebesar 5,9 persen. Ini adalah hal yang seharusnya kita sama-sama hindari,” jelas Wiku.

Untuk wilayah atau provinsi yang masih mengalami kenaikan, Wiku meminta agar provinsi itu melakukan evaluasi terkait penerapan protokol kesehatan. Selain itu, dia menyampaikan apresiasi kepada beberapa daerah karena berhasil menekan penambahan kasus Corona.

“Kami mengapresiasi Provinsi Maluku, Riau, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Aceh, yang pada pekan sebelumnya masuk ke dalam lima besar, pada pekan ini berhasil keluar,” tandasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini