Waduh..!! Ada 11 Ibu Hamil Tua di Daerah Ini Terpapar Positif Covid-19

illustrasi. Foto : istimewa

Wonogiri (Sigi Jateng) – Setidaknya ada 11 ibu hamil tua di Kabupaten Wonogiri dinyatakan positif virus Corona arau Covid-19. Terpaparnya virus tersebut, rata-rata ibu hamil ini tertular dari suaminya yang pulang dari merantau.

“Ada total 930 ibu hamil yang menjalani swab test dari program Pemkab Wonogiri, hasilnya sebanyak 11 orang dinyatakan positif COVID-19,” ujar Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa di kompleks Kodim 0728 Wonogiri, dikutip detikcom, Senin (5/10/2020).

“Sebagian besar tertular suaminya yang merantau dan pulang kampung. Ada juga yang kebetulan ikut merantau bersama suami,lalu pulang ketika sudah hamil tua,” sambung Edy.

Ia menyebut tes swab ibu hamil itu menyasar untuk usia kandungan 7 hingga 9 bulan atau trimester ketiga. Tes ini digelar serentak di 25 kecamatan.

“Secara umum kondisi mereka baik, janinnya juga Alhamdulillah sehat, sebagian menjalani isolasi mandiri,” beber Edy.

Dia menyebut ada seorang ibu hamil positif Covid-19 yang harus dirujuk ke RS Dr Moewardi Solo. Ibu itu dirujuk karena sudah mendekati hari perkiraan lahir (HPL).

“Tes swab bagi ibu hamil, dilakukan Pemkab Wonogiri sebagai upaya untuk persiapan dan perencanaan persalinan. Selain itu untuk menyiapkan agar saat persalinan ibu, bayi dan petugas aman dari paparan virus Corona,” terang Edy.

Baca Berita Lainnya

Hingga per hari Senin (5/10), data Pemkab Wonogiri jumlah kumulatif pasien Corona di Wonogiri ada sebanyak 271 kasus. Dari jumlah tersebut 15 orang di antaranya dirawat, 9 orang dikarantina khusus, 230 orang sembuh, dan 17 kasus meninggal dunia. (Dtc/dye)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini