Unik, Wisuda ke 159 Undip, Kehadiran Wisudawan Diwakili Tiga Robot

Robot pengganti wisudawan digunakan dalam Wisuda Ke-159 Undip Semarang, Senin (27-7-2020) ( foto ist)

SEMARANG (SigiJateng) –  Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar wisuda ke -159 dengan cara virtual dan berpusat di Gedung Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang, Senin (27/7/2020). Wisuda ke-159 ini menjadi penanda kelulusan 2.561 mahasiwa Undip dari berbagai program studi dan jenjang.

Program sarjana meluluskan 1.297 orang, program magister 296 orang, program doktor 33 orang, program sarjana terapan 5 orang, program spesialis 34 orang, pendidikan profesi 119 orang dan diploma 777 orang.

Kegiatan wisuda dilakukan dalam sebelas tahap yang dibagai dalam empat hari kegiatan mulai Senin (27/7/2020) sampai Kamis (30/7/2020).

Namun prosesi wisuda yang berlangsung kali ini berbeda dengan wisuda ke 158 bulan Juni lalu. Meski wisuda sama-sama dilakukan secara daring karena corona.

Apa bedanya? Pada wisuda ke 159 kali ini, kehadiran mahasiswa yang diwisuda ‘diwakilli’ oleh robot. Ada tiga robot yang disapkan. Tinggi robot sekitar 160 cm, sama seperti rata-rata tinggi orang Indonesia. Tiga robot itu bisa disebut tenaga wisudawan yang akan bertugas mewakili para lulusan Undip untuk menerima ijazah dan ucapan selamat dari Rektor Undip.

Di bagian wajah robot terdapat sebuah tablet yang berfungsi sebagai media berkomunikasi antara wisudawan dengan rektor. Robot itu juga diseting bisa berjalan. Tangan kanan robot yang dilengkapi dengan lengan mekanis difungsikan untuk menerima uluran tangan rektor yang memberi ucapan selamat kepada wisudawan.

Robot-robot wisudawan juga berjabat tangan dengan Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.H, seusai menerima menerima ijazah.

Rektor Undip terlihat antusias menjabat “wisudawan”. Dalam pidatonya Prof Yos menyatakan, wisuda dengan cara seperti ini haus dilakukan karena kondisi pandemi COVID-19.

“Dalam menghadapi ketidakpastian kita wajib memahami segala perubahan,” kata Prof Yos.

Pernyataan Prof. Yos, dipertegas melalui pantun yang menjadi penutup laporan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof. Budi Setiyono Budi Setiyono S.Sos., M.PolAdmin., P.hD. Warek 1 Undip menyitir kondisi sekarang dalam empat bait pantunnya yang berbunyi “Buah duku dikira mangga… Mobil Daihatsu dikira Toyota… Hati terharu melihat kalian diwisuda… Sayang tak bisa bertemu gara-gara corona…”

Usai menjabat rektor, robot-robot bergeser tempat untuk menjabat dekan fakultas. Pada wisuda daring ini, masing-masing fakultas diwakili oleh tiga ‘robot wisudawan’ saja.

Namun prosesi pemindahan kuncir wisudawan tidak dilakukan untuk menandai kelulusan. Karena pertimbangan efisiensi waktu. “Undip sudah tidak menerapkan tradisi pemindahan kuncir sebagai tanda kelulusan,” kata Budi Setiyono, dilansir di laman resmi kampus tersebut.

Ketua Senat Akademik Undip Semarang, Sunarso, mengatakan, Wisuda Ke-159 ini merupakan wisuda kedua yang dilaksanakan secara daring di masa pandemi COVID-19.
“Terdapat 2.561 lulusan Undip yang diwisuda secara virtual kali ini,” katanya.

Mewakili para wisudawan, Kharisma Ayu Zeini Halisoh dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mengungkapkan meski wisuda dilakukan secara daring kebahagiaan dan kebanggaan tetap ada.

“Meski kita disebut lulusan corona, ingatlah kita sedang diuji,” ujar Kharisma Ayu mewakili perasaan teman-temannya.

Pada hari pertama, Senin (27/7/2020) dilakukan tiga tahap, yakni Tahap I untuk Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan Fakultas Psikologi. Tahap II untuk Fakultas Hukum, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dan Tahap III untuk Fakultas Peternakan dan Pertaninan (FPP) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip). 

Wisuda Tahap IV dan V dilakukan untuk menandai kelulusan dari Fakultas Kedokteran dan Sekolah Vokasi. Tahap VI untuk  Fakultas Sains dan Matematika serta Sekolah Vokasi. Tahap IV sampai VI dilakukan Selasa (28/7/2020).

Baca Berita Lainnya:

Jadwal wisuda di Tahap VII yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Sekolah Vokasi. Tahap VIII Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Teknik. Pada Tahap IX wisuda diperuntukan untuk Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Budaya.

Di hari keempat untuk Tahap X dilakukan wisuda untuk Fakultas Teknik dan Sekolah Vokasi, lalu Tahap XI diperuntukkan bagi Program Pasca Sarjana dan Sekolah Vokasi. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here