UNDIP Lakukan Prosesi Pengukuhan Mahasiswa Baru Via Daring

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama memakaikan jas almamater kepada mahasiswa baru. (foto ist)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Sebanyak 13.198 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang telah dikukuhkan oleh sang rektor sebagai mahasiswa baru.

Prosesi pengukuhan itu dilakukan dengan penyematan jas Almamater oleh Rektor Undip kepada lima perwakilan mahasiswa dalam sebuah upacara di gedung Prof. Soedarto SH, pada Senin (14/9/2020) pagi.

Pengukuhan itu sendiri dilakukan daring dan terpusat. Setelah prosesi pengukuhan usai, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima pendidikan mahasiswa dari Rektor ke Para Dekan Fakultas.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama SH MHum menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru yang resmi dilantik pada hari ini.

“Selamat datang di kampus Undip, kampus yang menjunjung tinggi nilai Pancasila dan keteladanan sosok Pahlawan Pangeran Diponegoro yang menjunjung tinggi nilai kejujuran,adil, berani dan peduli”, ucap Prof Yos.

Lebih lanjut, Prof Yos menyampaikan bahwa tidaklah mudah untuk diterima di Undip mengingat ratusan ribu peminat yang antusias dan berharap bisa kuliah di Undip.

Prof Yos merinci, Total 13.198 mahasiswa baru Undip tahun terdiri dari Program Doktor sejumlah 254 orang. Kemudian Program Magister sejumlah 1.106 orang. Adapun Program Spesialis sebanyak 9 orang dan Program Profesi berjumlah 205 orang. Sementara Program Sarjana 10.086 orang dan Program Vokasi sebanyak 1.538 orang.

Rektor berpesan kepada mahasiswa baru nanti untuk tekun belajar, sekalipun pada masa pandemi saat ini.

“Selalu semangat dalam menuntut ilmu, jaga nama baik individu dan kampus tempat belajar,” ujarnya

“Insya Allah kelak mahasiswa dapat menjadi lulusan handal yang memberikan kemanfaatan untuk rakyat,” tandas Prof Yos.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip; Prof Budi Setiyono membeberkan ribuan mahasiswa baru itu diterima melalui berbagai macam jalur seleksi.

Untuk S1, ada yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, Jalur Kemitraan, Seleksi Bibit Unggul Berprestasi, Program Seleksi IUP, Jalur Afirmasi

“Sedangkan Jalur penerimaan mahasiswa Vokasi meliputi Seleksi Calon Mahasiswa Berpotensi, Seleksi atau Ujian Mandiri, serta Jalur Kerjasama,” sebut Prof Budi.

Sementara penerimaan mahasiswa program doktor, magister, spesialis dan profesi melalui ujian mandiri

Ketua Senat Akademik Undip, Prof Dr Ir Sunarso MS mengatakan, acara pelantikan mahasiswa baru tersebut telah menjadi tradisi di Undip.

Baca Berita Lainnya

“Maka dari itu kita selenggarakan sidang akademik seperti yang kita laksanakan hari ini,” kata Sunarso.

Ia pun berharap kepada para mahasiswa agar bisa cepat menyelesaikan studi atau selesai studi tepat waktu.

“Tentunya harus dengan diimbangi prestasi yang sebaik-baiknya, sehingga bisa membanggakan almamater dan keluarga tercinta,” tandas Sunarso. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here