UMKM Virtual Expo Berikan Kemudahan dan Doorprize, Dinkop Luanching Chanel Yautube Riku

SEMARANG (SigiJateng) – Respon masyarakat terhadap UMKM Virtual Expo luar biasa.

Sejak bisa diakses masyarakat pada 20 Oktober lalu, setidaknya sudah ada transaksi Rp 1,68 Milyar melalui portal www.ukmvirtualexpo.com. Jumlah tersebut, belum termasuk transaksi pesanan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ema Rachmawati dalam laporannya sebelum launching UKM Virtual Expo yang akan digelar selama 3 hari mulai 25-27 Oktober mendatang.

“UKM Virtual Expo ini sasarannya adalah usaha mikro kecil, kalau yang menengah sudah terbiasa dengan teknologi maka yang kecil ini butuh kita dampingi,” kata Ema di Studio Mini UVO 2020, Aula Kantor Dinkop UKM Prov Jateng, Minggu (25/10/2020).

Ema mengatakan, pada awal diumumkan UKM Virtual Expo setidaknya ada 102 pengusaha mikro kecil yang turut serta dengan total produk yang dipasarkan sebanyak 400-an produk.

Namun, hingga 24 Oktober kemarin jumlah produk yang dipamerkan sudah berkembang dua kali lipat yakni sebanyak 910 produk. Bahkan, penjualannya mencapai Rp 1,68 Milyar.

“Itu yang serius beli, jadi 400 produk awal itu sudah laku nilainya mencapai Rp 1,68 Milyar. Itu belum yang transaksi order, dan totalnya sudah Rp 1,2 Milyar,” tegas Ema.

Ema mengatakan, dari UKM Virtual Expo ini pembeli dari produk-produk yang dipamerkan bahkan sudah mencapai internasional. Mulai dari Turki, India, Singapura hingga Australia.

“Untuk mendukung ini juga kami akan melaunching kanal YouTube dengan nama Rumah Inspirasi Koperasi UKM atau Riku. Di situ nanti untuk bantu unboxing sampai bincang santai terkait dengan UKM,” tandas Ema.

Sebagai informasi, UKM Virtual Expo ini bertujuan untuk percepatan pemulihan perekonomian daerah, khususnya bagi koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (KUKM). UKM Virtual Expo akan diselenggarakan mulai 25-27 Oktober 2020 mendatang.

Beberapa fasilitas yang didapatkan bagi KUKM yang mengikuti UKM Virtual Expo ini, diantaranya seperti para peserta tidak dipungut biaya untuk mengikuti kegiatan ini dan berkesempatan untuk produk yang ditawarkannya dilihat oleh masyarakat di seluruh dunia.

Baca Berita Lainnya

Sementara itu, bagi masyarakat yang turut bergabung dalam UKM Virtual Expo ini bisa mendapatkan free ongkir selama kegiatan berlangsung dan adanya pemberian doorprize. (Kom/Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini