UIN Walisongo Gelar Wisuda Online dengan Teknologi Face Tracking Animation

Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr H Imam Taufik. (foto aris syaefudin/sigijateng

SEMARANG (SigiJateng) – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang akan menggelar acara wisuda ke-78 pada Kamis (6/7/2020) besok. Karena masih pandemic covid-19, wisuda akan digelar secara onlien, seperti kampus-kampus lainnya. Dalam gelaran wisuda ini akan diikuti oleh 1.626 wisudawan dari mahasiswa S-1, S-2 dan S-3.  

Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr H Imam Taufik mengatakan, pelaksanaan wisuda ke-78 akan digelar secara online dengan menggunakan aplikasi Face Tracking Animation. Ini adalah wisuda gabungan, karena wisuda pada bulan April tidak dilakukan.

“Wisuda digelar online, tapi modelnya berbeda dengan kampus lainnya. Kita menggunakan teknologi namanya Face Tracking Animation, yaitu melakukan tracking terhadap wajah dan dianimasi dalam bentuk rangkaian seperti orang yang asli,” kata Imam Taufik kepada wartawan usai kegiatan penyembelihan kurban di kampus 1 Jrakah Semarang, Senin (3/8/2020).

Imam mengatakan, pihaknya memilih model Teknologi Face Tracking Animation untuk memberi kesan layaknya wisuda secara konvensional dan memberikan pelayanan terbaik untuk menjawab keluhan dari mahasiswa.

“Bagi kami teknologi yang dipakai wisuda kali ini merupakan cukup hebat. Dalam proses ini kami melakukan kontrak dengan Dreamlight. Memang butuh kerja keras,” katanya.

Meski wisuda online, Imam tetap berupaya untuk memberikan hak-hak calon wisudawan,  dan juga tidak ada tarikan dana lagi. Mahasiswa dan keluarganya tinggal menunggu dan menyaksikan dari rumah masing-masing.  Durasi prosesi wisuda berlangsung selama 6 jam dan dibagi menjadi 3 sesi.

“Jadi, pada Kamis besok mahasiswa bersama keluarganya tetap tinggal di rumah menonton prosesi wisuda via YouTube saja,” tambahnya.

Disisi lain, pihaknya juga akan luncurkan smart card. Yaitu kartu alumni yang terdapat kode QR yang berisi identitas, ijazah, transkrip nilai, dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) Asli.

Baca Berita Lainnya:

“Jadi kartu ini sebagai kartu alumni dengan konsep kekinian, sekali scan, semua berkas wisuda langsung muncul,” katanya.

Sebelum wisuda tinggal universitas pada Kamis, pada Selasa dan Rabu ini juga digelar prosesi pelepasan  di fakultas masing-masing. Model wisuda juga online. “Hanya bagaimana model dan kemasannya, fakultas masing-masing yang merencanakan. Pastinya mahasiswa juga tetap diam di rumah,” katanya. (aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini