TP PKK Blora Bagikan Masker Gratis

Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Blora yang diketuai oleh Umi Kulsum Djoko Nugroho terjun langsung ke lapangan,Senin (6/4/2020) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (SigiJateng) – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Blora yang diketuai oleh Umi Kulsum Djoko Nugroho pada hari Senin (6/4/2020) terjun langsung ke lapangan, melaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian masker gratis untuk masyarakat.

Tim dibagi beberapa kelompok menuju sejumlah pasar trasdisional, puskesmas, terminal, hingga pos pantau atau pos penjagaan mudik yang ada di perbatasan Kabupaten Blora.

Selain membagikan masker, TP PKK Kabupaten Blora juga memberikan edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat agar ketika keluar rumah wajib menggunakan masker. Hal ini ditujukan untuk bersama-sama mencegah potensi persebaran atau penularan virus Corona atau Covid-19.

Khusus di pasar tradisional, pembagian masker bukan hanya untuk pedagang, namun juga kepada para pembeli yang sedang berbelanja.

“Ini sebagai wujud kepedulian kita untuk bersama-sama memerangi dan melawan persebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Blora. Kita bagikan 4500 masker, ada masker non medis dan masker medis. Yang akan datang tambah lagi 2000 masker, saat ini baru dikemas,” ucap Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho di sela kegiatan pembagian masker.

“Tidak hanya membagikan saja, kita juga titip pesan kepada para pedagang untuk mengingatkan masyarakat yang berbelanja agar terus menggunakan masker ketika berkegiatan di pasar. Terlebih pasar ini merupakan tempat umum, banyak bertemu dengan orang, sehingga harus waspada,” lanjutnya.

Untuk masker medis menurutnya diserahkan untuk petugas kesehatan yang ada di Puskesmas, Terminal, dan Posko Kesehatan di perbatasan Kabupaten. Sedangkan masker non medis yang terbuat dari kain dibagikan kepada masyarakat umum.

“Yang non medis terbuat dari kain, setelah digunakan bisa dicuci dan dipakai lagi. Ini kami bagikan satu-satu sebagai contoh. Harapannya satu orang punya dua masker sehingga ketika yang satu dicuci, bisa gantian pakai satunya lagi,” terang Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho.

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa mengedukasi masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pencegahan agar tidak terpapar virus Covid-19.

“Semoga virusnya segera hilang dan bisa kembali berkegiatan seperti sedia kala,” sambungnya.

Tidak hanya membagikan masker, TP PKK Kabupaten Blora juga menyerahkan sejumlah makanan ringan dan vitamin untuk para petugas yang ada di Terminal dan Pos Jaga Perbatasan.

Bersamaan ini pula, menurutnya juga dibagikan beras 2 kg sebanyak 100 paket untuk para tukang becak yang sedang sepi pelanggan dengan drive true agar tidak terjadi kerumunan. Paket beras ini sumbangan dari Bank Jateng cabang Blora.

“Kegiatan diawali di Puskesmas Blora, kemudian ke Pasar Rakyat Sido Makmur, Pasar Desa Gedongsari, Terminal Ngawen, dan Pos Jaga Perbatasan yang ada di Desa Gagaan Kecamatan Kunduran,” ujar Dwi Puji Rahayu, SE, MM, salah satu pengurus TP PKK Kabupaten Blora.

Terpisah, Sri Yanti (45) salah satu pembeli yang sedang berbelanja di Pasar Rakyat Sido Makmur, merasa senang dan berterimakasih atas bantuan masker yang diterimanya.

“Terimakasih atas bantuan maskernya. Beberapa hari lalu saya ke apotik cari masker kesulitan. Ternyata ini tadi saat belanja dikasih masker gratis sama ibu-ibu PKK. Alhamdulillah semoga bermanfaat, maturnuwun,” ungkap Sri Yanti.(Agung)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini