Timbulkan Kerumunan dan Tak Berijin, Aksi Demo Tolak Rizieq Shihab di Solo Dibubarkan

Petugas Kepolisian membubarkan aksi unjuk rasa di bundaran Gladak, Solo. Sabtu (21/11/2020).

SOLO (Sigi jateng) – Aparat Polresta Solo, pada Sabtu (21/11/2020) Sore, membubarkan aksi unjuk rasa tolak Habib Rizieq Shihab (HRS). Aksi demo tersebut dibubarkan karena melanggar protokol kesehatan, dengan menimbulkan kerumunan massa ditengah pandemi covid-19. Selain itu, aksi yang dilakukan oleh aliansi warga Kota Solo tersebut ternyata juga tidak berizin.

Dalam aksinya, mereka menolak kedatangan Rizieq Shihab, yang dinilai dapat membuat kegaduhan di Kota Solo.

“Di berbagai kota sudah dilakukan aksi-aksi penolakan kepada saudara Rizieq Shihab, oleh karena itu ini juga kita lakukan di Kota Solo,” terang Kusumo Putro selaku Korlap Aksi.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung di Bundaran Gladak ini, menarik perhatian banyak orang, bahkan arus lalulintas sekitar sempat tersendat akibat adanya aksi tersebut.

“Yang terpenting bagi kami adalah pernyataan sikap kami Aliansi Warga Kota Solo menolak Rizieq Shihab, sudah tersampaikan ke Publik,” jelas Kusumo.

Aksi tersebut dibubarkan oleh Polersta Solo, yang saat itu datang ke lokasi. Petugas meminta korlap aksi untuk segera membubarkan diri, karena aksi tersebut sudah menimbulkan kerumunan massa yang sangat rentan terjadi penyebaran virus covid-19.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan bahwa dirinya memberikan waktu satu menit untuk para pengunjuk rasa dalam menyerukan pernyataan sikap, terkait penolakan kedatangan Rizieq Shihab.

“Tadi kita beri kesempatan kepada korlap aksi satu menit untuk membacakan pernyataan sikap, kegiatan ini dinilai sangat rentan terjadi penyebaran virus Covid-19, karena menimbulkan banyak kerumunan massa,” ujar Kapolres.

Setelah membacakan sikap, para pengunjuk rasa langsung membubarkan meninggalkan lokasi.

“Kami harapkan pengertian dari semua pihak untuk menjaga diri. Karena keselamatan masyarakat adalah hukum yang tertinggi”, tegas Kapolres.  (Raditya Hermansyah)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here