Tim Relawan Satgas Covid-19 Bagi 200 Ember Paket Ternak Lele dan 200 Paket Bibit Sayuran

Solahuddin Aly, Koordinator Jawa Tengah Tim Relawan Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan inisiatif program ketahanan pangan di beberapa daerah di Jawa Tengah. (Humas relawan covid)

SEMARANG ( Sigi Jateng) – Tim Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bersama Walikota Semarang H. Hendrar Prihadi menyerahkan paket ternak lele dalam ember pada 100 penerima manfaat di halaman Kecamatan Semarang Utara, hari Jumat (25/9/2020).

Penyerahan paket ternak lele dalam ember ini adalah bagian program Ketahanan Pangan yang digagas oleh Tim Relawan Satgas Covid-19.

Untuk Kota Semarang, program Ketahanan Pangan Tim Relawan Satgas Penanganan Covid-19 memberikan dua paket yaitu 200 paket ternak lele dalam ember dan 200 paket bibit sayuran di media tanam yang bisa dilakukan di lahan sempit.

Sri Rahayu, Koordinator Kota Semarang Tim Relawan Satgas Penanganan Covid-19, total di kota Semarang ada 400 penerima manfaat atau keluarga terdampak ekonomi karena Covid-19.Penerimaan paket-paket ini dimulai tanggal 25 September 2020 dan secara bertahap akan dituntaskan sampai awal Oktober 2020.

“Satu paket lele dalam ember kami berikan pada satu keluarga. Ada 50 ekor dalam satu ember dan juga pakan lele sebanyak 6 kg,” katanya.

Dalam pendistribusian paket, Tim Relawan Kota Semarang juga bekerjasama dengan Pengabdian Masyarakat dari Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Undip.

Program Ketahanan Pangan dari Tim Relawan bertujuan membantu masyarakat yang terdampak ekonomi karena pandemi Covid-19. Lewat program ini diharapkan penerima manfaat mendapatkan “kail” sehingga dapat terus “memancingikan”.

Program ini juga untuk menjaga kecukupan gizi bagi masyarakat terdampak.

Solahuddin Aly, Koordinator Jawa Tengah Tim Relawan Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan inisiatif program ketahanan pangan di beberapa daerah di Jawa Tengah.

“Program Ketahanan Pangan akan dilakukan juga di beberapa kota/kabupaten di Jawa Tengah selain Kota Semarang yaitu di Kabupaten Semarang, Salatiga, Magelang, Solo, Wonogiri dan Tegal. Program ini sifatnya inisiasi. Untuk selanjutnya kami berharap dilanjutkan oleh masing-masing daerah,” katanya.

Sementara, Hendrar Prihadi dalam sambutannya berpesan kepada warga yang hadir bahwa pandemi Covid-19 ini belum ada yang tahu kapan berakhir, tetapi warga jangan takut beraktivitas asalkan selalu berhati-hati.

“Kita harus selalu terapkan 4M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan M yang terakhir membaca doa agar Allah selalu melindungi kita,” kata Hendi, nama panggilan Walikota Semarang.

Hendrar Prihadi mengapresiasi program Ketahanan Pangan karena langsung diberikan per keluarga, sehingga nanti terlihat mana keluarga yang rajin merawat akan mendapat hasil yang baik.

Program Ketahanan Pangan di Jawa Tengah, selain berupa paket lele dalam ember, paket sayuran dalam media tanam/polybag, juga ada paket ternak ayam kampung.

Baca Berita Lainnya

Penyerahan paket bantuan Ketahanan Pangan di Jawa Tengah ini berjalan dari bulan September sampai bulan Oktober dan diharapkan terus dapat bergulir. (Mushonifin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini