Terapkan Prokes Ketat, Museum Keraton Solo Kembali Dibuka

Pengunjung sedang mencuci tangan sebelum masuk ke Museum Keraton Solo.

SOLO (Sigi Jateng) – Museum Keraton Kasunanan Solo, kembali dibuka untuk kunjungan wisata masyarakat, Minggu (08/11/2020).

Keraton seluas sekitar 70 hektar sempat ditutup sejak tujuh bulan lalu atau setelah pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, termasuk Kota Solo.

“Dengan mengingat dan menimbang perkembangan situasi yang berkembang di lingkungan sekitar Keraton Solo, serta perkembangan secara regional maupun nasional, maka keputusannya kita membuka museum mulai hari ini,” ujar Kepala Keraton Solo, KRA Dany Nur Adiningrat saat ditemui di lokasi.

“Artinya kita buka seperti sedia kala, namun dengan era new normal seperti sekarang,” ujarnya.

museum itu dibuka untuk umum namun dengan menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung.

Masyarakat terlebih dulu mewajibkan mencuci tangan dengan empat wastafel yang telah disiapkan. Setelah itu, wisatawan terlebih dulu dicek suhu tubuhnya menggunakan thermogun otomatis, sebelum membeli tiket dan masuk ke museum.

Untuk pintu masuk dan keluar, pihak pengelola museum memberikan akses yang berbeda sehingga pengunjung tidak berpapasan.

Jam buka sendiri dimulai pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB untuk hari Senin-Kamis, kemudian Sabtu-Minggu hingga pukul 16.00 WIB, sementara hari Jum’at tutup.

“Kita mengikuti aturan-aturan pemerintah untuk standar kesehatan, termasuk dengan membekali tour guide tentang prokes. Kita tidak ingin kawasan keraton menjadi klaster penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Wisatawan asal Jakarta, Maria Regina Natasha yang mengaku pertama kali berkunjung ke Museum Keraton Surakarta senang dengan penerapan protokol kesehatan.

“Selama tidak menyentuh dan juga di depan sudah disediakan harus cuci tangan dan menurut saya sudah bagus. Nyaman-nyaman saja, meski agak panas karena menggunakan masker, namun sudah terbiasa,” ungkap Regina. (Raditya Hermansyah)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here