Tanggulangi Bencana Tim SAR Latihan Gabungan

SIGIJATENG.ID, Semarang – Sragen – Ratusan relawan dari berbagai instansi dan komunitas hari ini (14/1/2020) mengikuti pelatihan search and rescue (SAR) bersama di Waduk Kembangan Sragen.

Sebanyak 110 personil relawan dari Polres Sragen, Kodim 0725/Sragen, BPBD Sragen mengikuti latihan gabungan SAR di Waduk Kembangan Karangmalang. Mereka bekerjasama dengan tim relawan dari Perhimpunan Pecinta Alam Dan Kemanusiaan (Himalawu), PMI,Tagana, Polisi Desa, kemarin.

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan menyampaikan kegiatan ini merupakan antisipasinya bencana di sepanjang Sungai Bengawan Solo. Hal ini dilatarbelakangi banjir parah di 2007, yang berdampak sebagian besar wilayah Sragen.

Selain itu pemetaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD setempat bahwa seluruh warga yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) berpotensi terkena luapan Bengawan Solo.

Menyampaikan kegiatan ini sengaja melibatkan dari komponen- komponendan perangkat yang ada agar menyinkronkan persepsi apabila nanti terjadi bencana.

“Namun kami harapkan tidak terjadi untuk tahun ini dan ke depan namun untuk mengantisipasi yang tidak kami inginkan kami harus mempersiapkan diri apabila kejadian tersebut terjadi kembali,” kata Yimmy.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Sragen, Sugeng Priyono mengatakan materi yang disampaikan ialah teori basic yang harus dipahami oleh tim SAR. Teori basic ini bisa digunakan untuk penanganan laka air dan juga digunakan saat terjadi banjir. Harapannya latihan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kerjasama seluruh regu SAR.

menyampaikan latihan tim gabungan ini merupakan inisiasi awal yang baru dilakukan baru setahun sekali ini, namun tim relawan sudah secara periodik.

Sedangkan pemateri perwakilan SAR Himalawu, Yudhi Sugiarto menyampaikan, materi yang diberikan segala teknik yang dilakukan ketika melakukan pertolongan kepada korban. Meliputi dari mulai cara menggunakan pelampung, tekhnik penyelematan korban hingga tekhnik menaiki perahu karet.(santo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini