Tangani Covid-19, Puluhan Nakes Kendal Ber-APD Lengkap Ikuti Pelatihan PCR

Puluhan tenaga medis kesehatan (nakes) kenakan APD lengkap dari berbagai unit pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Kendal mengikuti pelatihan PCR yang digelar di Aula Dinkes Kendal, Minggu (26/7).

Kendal (Sigi Jateng) – Puluhan tenaga medis kesehatan (nakes) dari berbagai unit pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Kendal mengikuti pelatihan PCR yang digelar di Aula Dinkes Kendal, Minggu (26/7).

Pelatihan PCR yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kendal tersebut merupakan salah satu upaya untuk penanganan terhadap pasien yang menunjukkan gelaja Covid-19.

“Usai mengikuti pelatihan ini, sekarang seluruh puskesmas di Kabupaten Kendal sudah bisa melakukan swab sendiri terhadap pasien yang menunjukkan gejala Covid-19,” kata Kepala Dinkes Kendal, Ferinando Rad Bonay.

Dikatakan, pelatihan tersebut diikuti 42 tenaga medis dari puskesmas, rumah sakit dan Dinkes Kendal. “Yakni 33 tenaga medis dari 30 puskesmas, 6 tenaga medis dari Laboratorium Kesehatan Daerah Kendal, 2 dokter, dan 1 orang dari PMI Kendal. Yang 40 orang merupakan tenaga analis dan 2 orang tenaga dokter,” terangnya.

Disebutkan, pasien gejala Covid-19 yang sudah di swab oleh puskesmas, selanjutnya dibawa ke Laboratorium Kesehatan Daerah Kendal. “Dan hasilnya dalam satu hari sudah bisa diketahui, sebab kemampuan laboratorium dalam satu hari bisa melakukan dua kali running,” jelas dia.

Ia mengungkapkan, bahwa Dinkes Kendal telah melakukan pengadaan peralatan laboratorium tes swab yang ditempatkan di RS Darurat Covid-19 Kendal. Tujuannya untuk mendeteksi secara dini untuk mengetahui perkembangan covid 19 di Kabupaten Kendal.

“Berdasarkan perhitungan standar WHO, untuk per 1.000 orang dilakukan 1 orang swab. Jika jumlah penduduk di Kabupaten Kendal sekitar 1 juta jiwa, maka targetnya dalam satu minggu bisa melakukan swab terhadap 1.000 orang, maka per harinya bisa melakukan swab sekitar 150 orang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Labkesda Dinkes Kendal Sariati mengatakan, pelatihan PCR meliputi keseluruhan pelaksanaan PCR, mulai pra analisis sampai pasca analisis. “Untuk analisisnya langsung melakukan praktek swab, cara menyimpan sampel yang sudah diambil dan pengiriman swab ke laboratorium,” bebernya.

Baca Berita Lainnya

Salah satu peserta pelatihan, Reni Febri Hastalita mengaku senang mengikuti pelatihan PCR tersebut, sebab bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru lagi. “Iya senang, bisa bertemu dengan rekan-rekan tim medis lainnya. Kalau untuk swab, saya sudah terbiasa melakukan terhadap para pasien gejala Covid di RS Darurat Covid-19 Kendal,” ucap tenaga medis yang saat ini bertugas di RSDC Kendal. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini