Siagakan Personel, Basarnas Semarang Siap Terjun Ke Merapi

Zulhawary, Humas Basarnas Semarang. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang melakukan persiapan dini untuk mengantisipasi bila Gunung Merapi erupsi dalam kondisi darurat.

BASARNAS Semarang juga telah menysiagakan personelnya di Kabupaten Magelang dan Boyolali. Humas Badan SAR Nasional Semarang,

Zulhawari mengatakan pihaknya siap menerjunkan personelnya untuk membantu segala hal termasuk melakukan proses evakuasi warga di Magelang, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali.

“Untuk Magelang, nanti akan diback-up dari teman teman Pos SAR Wonosobo. Kalau yang Boyolali dan Klaten nanti diback up oleh Pos SAR Surakarta,” kata Zulhawari pada Kamis (12/11/2020).

Ia merinci masing-masing Pos SAR akan mengirimkan lima personil. Personil itu bertugas setelah adanya assesment dengan pihak pihak terkait di lokasi bencana.

“Teknisnya nanti mereka berangkat dari kantor masing masing. Lalu melakukan tugasnya. Jika sudah selesai akan langsung kembali ke kantor. Begitu seterusnya,” jelasnya.

Meski mengerahkan personil dari masing masing Pos SAR, tim dari Badan SAR Nasional Semarang pun akan turun langsung membantu apabila kondisi sudah benar benar genting.

Selain itu, khusus wilayah Klaten juga akan diback-up oleh Badan SAR Nasional Yogyakarta.

“Tentunya kami dari SAR Semarang akan membantu. Sifatnya personil Bawah Kendali Operasi (BKO),” ujarnya.

“Kami berangkat setelah adanya laporan dari satelit pemantauan,” sambung Zulhawari.

Zulhawari menuturkan, personil itu juga dilengkapi dengan bermacam peralatan penunjang SAR seperti truk taktis milik SAR, eskavator dan alat ekstrikasi.

Baca Berita Lainnya

Ia menjelaskan, truk taktis akan digunakan untuk mengangkut personil SAR serta untuk evakuasi warga. Sementara eskavator digunakan salah satunya bila ada warga yang tertimbun material Gunung Merapi serta membuka akses jalan yang tertutup material. Sedangkan alat ekstrikasi bakal dipergunakan, apabila ada korban yang terjepit material tertentu yang tidak bisa sembarangan dievakuasi menggunakan alat biasa. (Mushonifin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini