Setelah Empat Hari Buka, Semarang Zoo Hanya Dikunjungi 2.000 Orang, Ini Penjelasannya

Indriyasari, Plt. Direktur Taman Satwa Semarang (Semarang Zoo) dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. (Mushonifin)

SEMARANG (SigiJateng) – Sejak resmi dibuka untuk umum pada Hari Rabu tanggal 15/7/2020 atau setelah 4 hari beroperasi, taman satwa Semarang (Semarang Zoo) di Mangkang Semarang sudah mendapat hampir 2.000 pengunjung.

Rinciannya kurang lebih pada Rabu 15 juli ada 57 pengunjung, Kamis 16 juli ada 48 pengunjung, Jum’at 17 juli ada 123 pengunjung, Sabtu 18 juli ada 357 pengunjung, dan Minggu 19 juli ada 1.254 pengunjung.

Plt. Ditektur Semarang Zoo, Indriyasari mengatakan memang untuk meningkatkan jumlah pengunjung perlu waktu. Termasuk juga membuat inovasi-inovasi baru untuk menarik pengunjung.

“Butuh waktu untuk kembali menarik pengunjung, kami juga berbicara dengan petugas Semarang Zoo kira-kira apa yang mungkin sesuatu bisa menarik kunjungan wisatawan,” ujar wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaa dan Pariwisata Kota Semarang ini pada Senin (20/7/2020).

Wanita yang akrab disapa Iin ini juga menjelaskan bahwa hal itu berbeda dibandingkan sebelum pandemi pungunjung bisa mencapai 20.000 pengunjung.

“Pada saat pandemi ini kami tidak menargetkan pengunjung yang banyak melainkan bagaimana menjaga pengunjung ini tetap nyaman dikebun binatang ini,” imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya akan melakukan evaluasi beberapa minggu ke depan untuk menambah inovasi dari semarang zoo supaya menjadi daya tarik para pengunjung. Seperti contoh menambah satwa yang bisa berinteraksi dengan masyarakat. Dan tentunya juga mengingatkan kepada pengunjung agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Taman Satwa Semarang. (Dok.)

“Tidak perlu khawatir berwisata di Semarang Zoo Yang penting selalu pakai masker dan selalu jaga jarak (physical distancing),” tandasnya.

Protokol tersebut diterapkan sejak dari gerbang masuk. Pengunjung yang akan masuk terlebih dahulu diminta untuk cuci tangan di tempat yang telah tersedia.

Kemudian, petugas akan memeriksa suhu tubuh setiap pengujung. Seluruh pengunjung harus mengenakan masker dan tidak boleh berada dalam kondisi sakit.

Area antrean tiket masuk pun sudah di beri tanda jaga jarak antar pengunjung. Di beberapa titik area ticketing juga disediakan hand sanitizer.

Pembayaran semarang zoo juga sudah mulai non tunai. Pembayaran bisa melalui tapcash BNI, link aja, dan Gopay.

Di masa pandemi ini Iin masih membuka lebar bagi komunitas ataupun pencinta satwa yang ada di sini untuk menerima bantuan donasi pakan

“Para komunitas atupun masyarakan guna menunjukkan kecintaannya kepada satwa yang ada disini, silahkan datang saja kordinasi dengan kami, dan kami siap menerima anda dan monggo kita gerakkan sayang satwa,” pungkasnya. (Mushonifin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini