Semen Gresik Kucurkan Dana Ratusan Juta untuk Program Padat Karya di Ngaringan Grobogan, Begini Tanggapan DPR

Manajer CSR PT Semen Gresik Suwoko mewakili Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Rembang saat kegiatan Serah Terima Bantuan CSR untuk pembangunan talud dan pagar kolam renang di Desa Tanjungharjo, Grobogan, Kamis (13/8/2020)

GROBOGAN (SigiJateng)–  Keberedaan Semen Gresik Rembang tidak hanya membantu warga di Rembang dan Blora saja, namun juga daerah –daerah lain di Indonesia. Maka tidak heran, kinerja Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Rembang yang dikoordinir PT Semen Gresik diapresiasi berbagai kalangan, termasuk DPR RI.

Seperti Kamis (13/8/2020) Semen Gresik mendistribusikan bantuan untuk progam padat karya yang dilakukan di Desa Tanjungharjo Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan. Bantuan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) sebesar Rp 400 juta yang didistribusikan PT Semen Gresik dimaksimalkan untuk membangun talud dan juga pembuatan pagar kolam renang.

Upaya ini tidak hanya membantu warga terdampak Covid-19 saja, namun juga bermanfaat untuk memberdayakan perekonomian di perdesaan dan sekaligus memperkuat BUMDes.

Kepala Desa Tanjungharjo, Sugiyono mengapreasiasi upaya yang dilakukan Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 yang dikoordinir PT Semen Gresik. Sebab kegiatan pembangunan talud saluran irigasi dan pagar kolam renang itu multimanfaat. Puluhan warga desanya yang selama beberapa bulan tidak bekerja seiring pandemi Covid-19 bisa mendapatkan penghasilan dari progam padat karya tersebut.

Kinerja Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Rembang yang dikoordinir PT Semen Gresik diapresiasi berbagai kalangan.

Dengan talud itu sektor pertanian di desanya terlindungi. Dan tak kalah pentingnya, pendapatan asli desa (PAD) juga diperkirakan meningkat signifikan seiring pembangunan pagar kolam renang yang dikelola BUMDes Tanjungharjo. Selama ini, karena tidak memiliki pagar maka target pendapatan BUMDes dari tiket masuk kolam renang itu kerap tidak tercapai.

“Warga Tanjungharjo banyak yang bekerja sebagai tukang bangunan di Jakarta. Karena ada Covid-19, sejak Maret lalu, mereka pulang kampung dan menganggur. Progam padat karya ini sangat membantu mereka. Petani di desa kami juga tak lagi khawatir talud akan jebol saat musim penghujan karena sudah dibangun dengan lebih kuat,” kata Sugiyono, saat kegiatan serah terima bantuan CSR Pembangunan Talud Dusun Wonorejo dan Pembangunan Pagar Kolam Renang Dusun Krajan Desa Tanjungharjo, Ngaringan, Grobogan, Kamis (13/8/2020).

Bantuan untuk Desa Tanjungharjo ini hanya salah satu progam insidentil Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 yang dikoordinir PT Semen Gresik. Selain itu Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 yang berkantor di Rumah BUMN Jalan Jendral Sudirman No 83 Rembang ini juga sudah menghimpun dan mendistribusikan berbagai bantuan lainnya. Mulai dari bantuan berbagai alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis maupun elemen masyarakat lain hingga pembagian sembako untuk ribuan warga kurang mampu.

Bantuan tersebut berasal dari berbagai BUMN seperti SIG, Bank Mandiri, PT Askrindo, PT Kimia Farma, PT Jasa Raharja dan Bank BTN. Total bantuan yang dihimpun dan didistribusikan ini sebesar Rp 1,2 miliar.

Anggota DPR RI Dapil III Jateng, Evita Nursanti mengapresiasi BUMN yang telah bersinergi dalam penanggulangan Covid-19. Menurutnya, berbagai bantuan BUMN yang dikoordinir Semen Gresik ini sangat menunjang dalam penanggulangan Covid-19 di daerah.

Ia mencontohkan semisal bantuan APD menunjang kinerja tenaga medis RS rujukan yang berjuang di garda depan penanggulangan Covid-19 di Grobogan. Yakni RSUD dr Soejati Purwodadi, RSUD Ki Ageng Selo Wirosari dan RSUD Getas Pendowo Gubug.

“Penanggulangan Covid-19 butuh kerjasama berbagai pihak. Saya mengapresiasi upaya ini karena manfaatnya besar untuk melindungi tenaga medis kita,” jelas Evita Nursanti.

Ketua Koordinator Posko Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 wilayah Kabupaten Rembang, Gatot Mardiana mengatakan jajarannya terus berusaha mengaktualisasikan semangat “BUMN hadir untuk Indonesia” saat masa pandemi seperti sekarang ini. Berbekal semangat itu, pihaknya bersama dengan BUMN lain terus bergerak memperkuat upaya penanggulangan Covid-19 di Jawa Tengah.

Berita Lainnya:

Gatot Mardiana juga mengapresiasi Semen Gresik. Sebab perusahaan persemenan terkemuka ini tidak hanya mampu membangun mahakarya monumental berkelas dunia yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia saja, namun Semen Gresik juga mampu mewujudkan kontribusi nyata dalam bidang sosial hingga lingkungan yang bermanfaat bagi negeri ini.

“Salah satunya melalui Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 ini,” tandas Gatot Mardiana. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here