Selamat Datang Tesla, Produsen Mobil Listrik ini Bakal Miliki Pabrik Di Batang

Tesla akan bangun pabrik di Indonesia, tepatnya di Batang, Jawa Tengah (CNN)

Jakarta (Sigi Jateng) – Produsen mobil listrik milik Elon Musk bakal memiliki pabrik di Batang, Jawa Tengah. Adalah Tesla, rencana datang melakukan ekspansi bisnis di Indonesia akan jadi kenyataan.
Seperti diketahui, Tesla tengah menjajaki membangun salah satu pabriknya di Indonesia. Bukan perakitan mobil, melainkan untuk kebutuhan produksi baterai mobil listrik.

Tesla malah sudah menghubungi Kementrian Perindustrian Indonesia untuk membahas hal tersebut. Hingga saat ini, diskusi antara pemerintah dan Tesla kabarnya juga masih terus berjalan.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengonfirmasi rencana Tesla membangun pabrik di Indonesia. Tesla akan diarahkan untuk membangun pusat produksinya di Batang, Jawa Tengah.

Saat ini proses diskusi antara Tesla dan pemerintah masih berlangsung. “On going discussion, arahnya ke sana (Batang),” kata Agus seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (19/10).

Meski kendaraan listrik masih sangat minim dan regulasi yang mengaturnya yang masih banyak ditunggu, Indonesia disebut-sebut akan menjadi salah satu pemain besar dalam industri baterai kendaraan listrik.

Itu terkait dengan kekayaan alam berupa bijih nikel yang jumlahnya sangat berlimpah. Nikel adalah bahan utama pembuat baterai mobil listrik.

“Bijih nikel telah bisa diolah menjadi feronikel, stainless steel, lembaran baja, dan dikembangkan menjadi bahan utama untuk baterai lithium,” kata Presiden Jokowi dalam pidatonya bulan lalu.

Kabar rencana Tesla datang dan membuka pabrik di Indonesia juga sudah berembus sejak beberapa pekan lalu.

Saat itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim pernah ditelepon oleh pihak Tesla

“Saya ingin sampaikan lagi peminat investasi ke Indonesia banyak, tadi saya baru ditelepon dari Tesla di Amerika mereka juga berminat membangun (pabrik) baterai lithium di Indonesia,” kata Luhut Rabu (9/9/2020). (Dye)

Baca Berita Lainnya

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini