Rentan Tertular Covid-19, Saat Liputan Pekerja Media Diminta Perhatikan Prokes

Sosialisasi Program Dan Penetapan CHSE (Cleanlined, Healthy, Safety dan Enviromental Sustainable) yang berlangsung di hotel Laras Asri Salatiga, 4-5 Desember 2020 terapkan disiplin prokes . (Mushonifin)

Semarang  (Sigi Jateng) –  Para pekerja media atau jurnalis menjadi profesi yang dianggap rentan tertular Covid-19. Terlebih bagi jurnalis saat melakukan reportase di lapangan, hendaknya perlu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus Corona.

Hal ini disampaikan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang Drs Gunawan Witjaksana dalam acara Sosialisasi Program Dan Penetapan CHSE (Cleanlined, Healthy, Safety dan Enviromental Sustainable) yang berlangsung di hotel Laras Asri Salatiga, 4-5 Desember 2020.

Acara yang digagas forum wartawan kota (Forwakot) Semarang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata kota Semarang dan gugus tugas Covid-19 kota Semarang tersebut membahas kebersihan, kesehatan dan keselamatan dan kelestarian lingkungan tentang peran media di Kota Semarang.

Gunawan menekankan, teknis liputan tetap seperti normal namun tetap menerapkan protokol kesehatan. “Bila melakukan wawancara bisa lewat telepon atau telepon video call kalaupun terpaksa harus ketemu hendaknya sesuai sesuai prokes dengan mengenakan masker dan menjaga jarak,” kata Gunawan.

Namun biar bagaimanapun para pekerja media liputannya perlu diutamakan keakuratan, lengkap dan berimbang serta sesuai dengan kode etik jurnalistik. “Dalam meliput peristiwa yang berkaitan dengan covid, tidak terkesan menakutkan dan diupayakan sebagai literasi serta mendidik masyarakat,” kata Gunawan Witjaksana di hadapan awak media .

Pembicara lainnya Zaenal Arifin dari Forwakot menyampaikan materi tentang Strategi Promosi Media Digital DalamPembuatan Konten Kreatif Yang Posiitif.

Ketua Forum wartawan kota (Forwakot) Semarang Tutuk carito mengatakan acara sosialisasi program dan penerapan CHSE ini diikuti oleh 20 wartawan dari berbagai media, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan dan Humas Pemkot Semarang. (Mushonifin)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak, Hindari Kerumunan dan tetap menjaga Imun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini