Radio Harus Jadi Motor Sosialisasi Pilkada

Wakil ketua KPID Jawa Tengah, Asep Cuwantoro saat menyampaikan materi di radio irama FM Purworejo. (Foto; Asep)

PURWOREJO (SigiJateng) – Sebagai salah satu pilar demokrasi, radio diharapkan berperan sebagai motor sosialisasi pilkada. Harapan tersebut disampaikan Asep Cuwantoro, Wakil Ketua KPID Provinsi Jawa Tengah saat talkshow di Radio Irama FM Purworejo pada Rabu (12/8/2020) sore.

Menurutnya, sosialisasi pilkada sangat dibutuhkan karena tidak hanya persoalan pencoblosan saja tetapi secara keseluruhan proses pilkada.

“Pilkada itu bukan sekadar mencoblos tetapi juga ada proses sosialisasi, edukasi, pengawasan dan lain sebagainya,” kata pria yang akrab disapa Asep.

Publik, lanjut Asep harus memperoleh informasi yang lengkap terkait dengan pilkada, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Informasi tersebut bisa berbentuk pemberitaan, debat, dialog, takshow, ILM, features yang mengupas seputar pilkada dan pasangan calon.

Asep berharap proses sosialisasi oleh radio tidak menunggu permintaan dari penyelenggara pemilu tetapi harus berinisiasi sendiri.

“Kalau ditanya mulainya kapan? Ya mulai saat ini dan selanjutnya radio harus melaksanakan sosialisasi” tegas Asep.

Talkshow yang mengangkat tema “Literasi Elektoral di Masa New Normal” tersebut menghadirkan narasumber lainnya yaitu Akmaliyah selaku komisioner KPU Kabupaten Purworejo dan Anik Ratnawati Komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here