Piala Dunia Diundur, Yoyok Sukawi Minta Pemerintah Tetap Perhatikan Infrastruktur

SEMARANG ( Sigijateng.id ) — Piala Dunia U-20 yang rencananya akan digelar di Indonesia pada pertengahan tahun 2021 telah resmi ditunda oleh FIFA selaku induk olahraga sepak bola dunia. Sebagai alasannya adalah pandemic Covid-19 yang belum mereda.

Atas hal ini, anggota Komisi X DPR RI yang membidangi olahraga, Yoyok Sukawi meminta pemerintah untuk tetap memperhatikan infrastruktur yang selama ini telah disiapkan. Dengan mundurnya gelaran ini, jangan sampai fasilitas olahraga yang telah dibangun selama persiapan Piala Dunia U-20 menjadi mangkrak atau tak terurus usai keluarnya pernyataan resmi dari FIFA.

“Tentunya semua pihak kecewa dengan penundaan Piala Dunia U-20. Namun ada catatan terkait infrastruktur. Pemerintah dalam hal ini Kementerian terkait dan pemerintah daerah tidak boleh lepas tangan soal infrastruktur,” tandas Yoyok Sukawi di Semarang, Senin (28/12).

“Stadion-stadion yang sudah dibenahi itu harus tetap dirawat walaupun Piala Dunianya tidak jadi. Jangan sampai Piala Dunianya tidak jadi infrastrukturnya dibiarkan. Eman-eman, biar nanti tahun 2023 Indonesia benar-benar siap kalau stadionnya dari sekarang terus dirawat,” imbuh anggota Fraksi Partai Demokrat ini.

Yoyok Sukawi lantas menambahkan bahwa situasi pandemi Covid-19 membuat stadion-stadion di Indonesia rawan untuk dibiarkan mangkrak dan tidak terurus. Apalagi kompetisi Liga 1. Liga 2, mau pun Liga 3 juga tidak berlangsung karena belum turunnya dari izin Kepolisian.

“Di tengah pandemi Covid-19 kan tidak ada kompetisi, ini rawan banyak infrastruktur olahraga tak terurus. Ini yang harus jadi catatan pemerintah dan terutama yang disiapkan untuk Piala Dunia ini dirawat dengan baik,” pungkas Yoyok Sukawi.

Asal tahu, yang diundur tida hanya perhelatan Piala Dunia U-20, FIFA juga menunda perhelatan Piala Dunia U-17. Perhelatan Piala Dunia U-20 2021 sejatinya berlangsung di Indonesia. Sementara Piala Dunia U-17 berlangsung di Peru.

Dua even besar ini akan ditunda FIFA selama dua tahun dan baru akan dilaksanakan pada tahun 2023. Kepastian penundaan dua event besar ini disampaikan FIFA dalam situs resmi mereka. Di mana penyebaran Pandemi Covid-19 yang masih belum bisa terkendali menjadi dasar penundaan ini.

“Dengan demikian, menjadi jelas bahwa situasi global telah gagal untuk dinormalisasi ke tingkat yang memadai untuk mengatasi tantangan yang terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen,” tulis FIFA, dalam rilis resmi pada Kamis pekan lalu. (Aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini