DPRD Jateng Luncurkan Berlian TV, Ini Tujuannya

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto bersama wakil DPRD Jateng sedang melihat ruang studio Berlian TV di lantai 1 Gedung Berlian DPRD Jateng, Kamis (3/9/2020) ( foto Aris Syaefudin/sigijateng)

SEMARANG (SigiJateng) – Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto, Kamis Pahing (3/9/2020) meresmikan sebuah aplikasi berbasis digital, Berlian Televisi; Suara Wakil Rakyat Jawa Tengah, di lobi Gedung Berlian, kantor DPRD Jateng Jalan Pahlawan Semarang.

Hadir Wakil Ketua Sukirman, Heri Pudyatmoko, dan Ferry Wawan Cahyono, sejumlah pimpinan komisi, Kepala Bappeda Jateng Prasetyo Ariwibowo hadir mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, dan Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin. Peluncuran Berlian TV ini sekaligus menandai satu tahun masa mengabdi dan mengemban amanah para anggota DPRD Jateng periode 2019-2024.

Peluncuran Berlian TV dimulai dengan pemotongan tumpeng, pemotongan pita bunga di pintu studio Berlian TV, kunjungan ke ruang studio di lantai 1 Gedung Berlian dan sekaligus dialog antara Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto dengan pembawa acara Berlian TV.

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto dalam sambutannya menyatakan apa yang dilakukan Sekretariat DPRD Jateng dengan membuat Berlian TV adalah upaya untuk lebih mendekatkan anggota DPRD Jateng dengan masyarakat atau konstituennya. Berlian TV salah satu media komunikasi untuk melengkapi media-media yang sudah ada sebelumnya.

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto disaksikan para wakil DPRD Jateng dan Kepala Bappeda Jateng Prasetyo Ariwibowo hadir mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, sedang memotong tumpeng yang kemudian diberikan kepada Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin, sebagai tanda peresmian Berlian TV di lobi Gedung Berlian DPRD Jateng, Kamis (3/9/2020) ( foto Aris Syaefudin/sigijateng)

“Kami mengapresiasi terobosan yang dibuat Sekretariat DPRD Jateng dengan meluncurkan Berlian Televisi. Harapan kami, Berlian TV ini benar-benar memberikan manfaat. Dan Berlian TV bisa terus eksis, meski suatu saat nanti Sekretariat DPRD Jateng berganti orang,” kata pria yang akrab disapa Bambang Kribo ini.

Dikatakan mantan anggota DPRD Kabupaten Semarang tiga periode ini, dengan kanal Berlian TV, kegiatan-kegiatan, pemikiran dewan bisa ditampilkan. Berlian TV sebagai media untuk mengaktualisasikan diri dalam mengemban amanah anggota DPRD Jateng. Melalui Berlian TV juga, masyarakat bisa melihat, dan mendengat kemudian mengkritisi kinerja dewan.
“Konten-konten yang tayang di Berlian TV diharapkan benar-benar berkualitas dan bermanfaat untuk warga Jawa Tengah,” tegasnya.

Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin saat peresmian Berlian TV di lobi Gedung Berlian DPRD Jateng, Kamis (3/9/2020) ( foto Aris Syaefudin)

Disisi lain, selama satu tahun menjadi anggota DPRD Jateng, Bambang mengaku banyak belajar dan berdiskusi dengan para senior, yakni anggota DPRD Jateng yang sudah lebih dahulu menjadi anggota DPRD Jateng. Hasil diskusi itu kemudian dijadikan pijakan dirinya dalam memimpin DPRD Jateng.
Bambang Kribo itu kemudian menceritakan mengenai konsep tertib dan disiplin kedewanan yang dilakukannya saat menjabat Ketua DPRD di Kabupaten Semarang. Ternyata cara itu ampuh untuk membangun sebuah kemitraan di internal dewan. Upaya inipula yang saat diterapkan di DPRD Jateng.

“Tertib komunikasi, tertib waktu, tertib bicara, tertib sikap ternyata mampu membangun sebuah soliditas internal termasuk dengan anggota. Harapannya, kinerja DPRD Jateng ke depan bisa lebih baik lagi dan memenuhi keinginan masyarakat,” kata politisi PDI perjuangan ini.

Sementara, Sekretaris DPRD (Sekwan) Jateng Urip Sihabudin dalam sambutannya megatakan, diluncurkannya Berlian TV ini adalah sebagai realisasi dari sebuah rencana besar (grand design) dari konsep parlemen modern. Produk Berlian TV ini nantinya bukanlah televisi berbasis frekuensi maupun kabel melainkan digital melalui media sosial. Ada empat syarat untuk mewujudkan sebuah parlemen modern, yakni adanya penyiaran digital; mengembangkan aplikasi berbasis web; terintegrasi; serta adanya literasi digital.

“Tahun 2019 sampai 2020, kami sudah mengembangkan aplikasi e-wadul, e-legislasi. Selanjutnya pada 2021, akan dikembangkan e-aspirasi agar bisa digunakan oleh anggota Dewan saat kunjungan dapil maupun reses. Rencana besar dari aplikasi-aplikasi itu harus terintegrasi melalui Sistem Pelayanan Dewan atau Sipelwan. Dengan aplikasi-aplikasi itu semua memudahkan dewan berinteraksi serta melayani kepada masyarakat,” bebernya.

Soal nama Berlian TV, menurut Urip Sihabudin, bukanlah asal pakai, namun sudah melalui pertimbangan dan diskusi dengan pimpinan dan anggota dewam. Berlian adalah nama sudah menasional dan juga populer. Selain berlian sudah menjadi nama gedung sebagai kantor DPRD Jateng yang dibangun tahun 1991, berlian juga menjadi nama klub bola vali.
“Berlian juga sudah menjadi nama klub bola voli. Jadi nama Berlian sudah tidak asing di telinga masyarakat. Makna yang terkandung juga bagus, makanya kita pakai nama Berlian TV. Kata-kata Berlian sudah identik dengan DPRD Jateng,” kata Urip.

Baca Berita Lainnya:

Sementara, berdasarkan tayang video yang ditayangkan saat peresmian Berlian TV, berlain adalah sebongkah batu biasa yang awalnya tidak bernilai. Namun setelah diolah dengan proses penjang dan melelahkan, dibentuk dan panaskan dalam suhu panas ratusan derajat selsius, kemudian diolah menjadi batu yang indah dan mahal haragnya.

Dengan nama berlian, diharapan Berlian TV bisa menyampaikan informasi terkait dengan pemikiran, kebijakan kedewanan dan peraturan daerah provinsi Jawa Tengah. (ADV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini