Peringati HSN 2020, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Lomba Anak-anak TPQ

Tim KKN RDR ke-75 UIN Walisongo Semarang kelompok 22 bersama guru dan santri TPQ “Bismika Mamba’il Bahjah” Welahan saat semarakkan Hari Santri Nasional 2020, Kamis (22/10/2020).

JEPARA (SigiJateng) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah ke 75 UIN Walisongo Semarang kelompok 22, mengadakan lomba di TPQ “Bismika Mamba’il Bahjah” Welahan, RT/RW 01/04 Kec. Welahan Kab. Jepara, Kamis (22/10/2020)

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020. Peringatan hari santri ini merujuk pada “Revolusi Jihad” yang digagas oleh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy’ari, yang berisi fatwa kewajiban berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun ini, Hari Santri Nasional diperingati di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, tema yang diusung pada peringatan Hari Santri Nasional 2020 yaitu “Santri Sehat, Indonesia Kuat”.

Adapun sejumlah perlombaan digelar untuk kalangan anak-anak TPQ “Bismika Mamba’il Bahjah” Welahan diantaranya lomba adzan dan iqomah, lomba hafalan doa sehari-hari, lomba mewarnai dan lomba cerdas cermat.

KH. Sathori (34) selaku pengurus TPQ “Bismika Mamba’il Bahjah” Welahan mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh tim KKN UIN Walisongo Semarang. Diharapkan, kegiatan semacam ini akan terus berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada tim KKN UIN Walisongo Semarang atas terselenggaranya kegiatan ini.,” kata Kiai Sathori.

Dari raut wajah terlihat, para santri TPQ sangat senang dan ceria. Mereka pun sangat bersemangat dalam mengikuti rangkaian lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2020 ini.

“Saya bersyukur karena lomba-lomba yang digelar sangat bermanfaat dan mengedukasi anak-anak. Semoga kegiatan positif seperti ini bisa terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya” tutur Kiai Sathori.

Lomba Hari Santri ini diselenggarakan untuk menambah semangat para santri dalam menuntut ilmu, terkhusus ilmu-ilmu pengetahuan Islam. Tak disangka, kegiatan ini mendapat respon positif dari para santri TPQ.

“Walaupun acara ini digelar saat pandemi, namun tidak melunturkan semangat para santri. Acara ini disambut hangat dan meriah oleh para santri. Keceriaan dan antusias para santri inilah yang membuat kami selaku panitia lebih semangat lagi dalam menyemarakkan kegiatan hari santri ini,” kata Azmi Ali (21), Koordinator Kelompok 22 KKN RDR UIN Walisongo Semarang.

Salah satu peserta lomba, Dzul (8) juga mengaku senang dengan kegiatan ini. “Terimakasih kakak-kakak KKN yang sudah mengadakan acara ini, saya dan teman-teman senang sekali. Kami mendapat ilmu dan banyak hadiah,” kata Dzul. (la/viant)

Berita Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini