Pembuatan Tiga Robot Pengganti Wisudawan Undip Habiskan Dana Rp 50 Juta

Robot pengganti wisudawan digunakan dalam Wisuda Ke-159 Undip Semarang, Senin (27-7-2020) ( foto ist)

SEMARANG (SigiJateng) – Tiga robot pengganti wisudawan pada prosesi wisuda ke-159 Universitas Diponergoro Semarang yang berlangsung Senin (27/6/2020) sampai Kamis (30/7/2020) membutuhkan biaya hingga Rp 50 juta. Adapun waktu yang dibutuhkan satu bulan lebih.

Robot tersebut dibuat tim Pusat Unggulan Iptek  Perguruan Tinggi (PUI PT) Teknologi Kesehatan Center for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronics, and Bio Signal Processing (CBIOM3S) Undip.

“Tiga robot-robot itu dibikin mulai awal Juni hingga Juli,” kata Kepala PUI PT CBIOM3S Undip, Dr. Rifky Ismail S.T, MT, kepada wartawan di sela wisuda di kampus Undip Tembalang, Semarang.

Dia mengatakan, konsep robot itu sederhana yakni bisa berputar dan tangannya dapat bersalaman dengan rector.  Adapun biaya yang dibutuhkan yakni sekitar Rp50 juta, karena komponen yang dibutuhkan tidak terlalu rumit.

Gagasan pembuatan robot pengganti wisudawan ini berasal dari rektor dan wakil rektor Undip kalau pada wisuda pada Juli 2020 di tengah pandemi Covid-19 membuat robot untuk mewakili wisudawan yang tidak bisa hadir.

“Pak rektor dan wakil rektor menginginkan wisuda yang dilakukan secara daring karena Covid-19 ada media interkatif dengan para wisudawan melalui robot,” jelas Rifky.

Robot itu dirancang dengan dipasang layar monitor di muka robot. Layar tersebut menampilkan wajah perwakilan wisudawan, sehingga bertatap muka dan berkomunikasi secara online dengan rektor.

“Tangan robot juga dapat bergerak untuk bersalaman dengan rektor , komunikasi online dengan rektor juga,” ujarnya.

Kehadiran tiga robot pengganti wisudawan tersebut merupakan inovasi Undip agar suasana wisuda di tengah pendemi Covid-19 tetap menarik.

Prosesi wisuda ke-159 yang diikuti sebanyak 2.561 wisudawan dipimpin Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama senat Undip di Gedung Prof. Soedarto SH, di kampus Tembalang Semarang.

Prosesi wisuda dimulai Senin (27/7/2020). Pada hari pertama, Senin (27/7/2020) dilakukan tiga tahap, yakni Tahap I untuk Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan Fakultas Psikologi. Tahap II untuk Fakultas Hukum, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dan Tahap III untuk Fakultas Peternakan dan Pertaninan (FPP) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip). 

Wisuda Tahap IV dan V dilakukan untuk menandai kelulusan dari Fakultas Kedokteran dan Sekolah Vokasi. Tahap VI untuk  Fakultas Sains dan Matematika serta Sekolah Vokasi. Tahap IV sampai VI dilakukan Selasa (28/7/2020).

Baca Berita Lainnya:

Jadwal wisuda di Tahap VII yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Sekolah Vokasi. Tahap VIII Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Teknik. Pada Tahap IX wisuda diperuntukan untuk Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Budaya.

Di hari keempat untuk Tahap X dilakukan wisuda untuk Fakultas Teknik dan Sekolah Vokasi, lalu Tahap XI diperuntukkan bagi Program Pasca Sarjana dan Sekolah Vokasi. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here