Pasar Peterongan Makin Ramai, Pedagang Diberi Edukasi Protokol Kesehatan

Relawan pendukung satuan tugas penanganan covid-19 wilayah Kota Semarang sedang membagikan masker dan face shield serta memberi edukasi protokol kesehatan kepada pedagang dan pengunjung pasar Peterongan. (Mushonifin)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Pedagang Pasar Peterongan Kota Semarang mendapatkan masker dan faceshield dari relawan pendukung satuan tugas penanganan covid-19 wilayah Kota Semarang, Minggu (9/8/2020).

Selain memberikan masker dan face shield, dielakukan juga edukasi protokol kesehatan untuk para pedagang.

Sri Rahayu, selaku koordinator wilayah Kota Semarang mengatakan kegiatan yang dilakukannya bertujuan agar pasar menjadi sehat dan terhindar dari penularan Covid-19.

“Kami memilih Pasar Peterongan karena pasar ini punya potensi ditata lebih baik dalam menghindari penularan Covid-19. Berikutnya kami juga akan edukasi kepasar lainnya di Semarang,“ katanya.

Sementara itu, Sholahuddin Aly selaku koordinator Jawa Tengah Relawan Pendukung Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa relawan yang melakukan edukasi berasal dari berbagai kelompok masyarakat yang secara sukarela membantu Satgas Penanganan Covid-19.

“Semarang sebagai kota zona merah, maka edukasi dan penerapan protokol kesehatan di semua tempat publik menjadi mutlak dilakukan. Kami tidak hanya di kota Semarang saja, berikutnya kami akan bergerak ke kota lain di Jawa Tengah, khususnya yang zona merah,” ujar pria yang juga Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah ini.

Kepala Pasar Peterongan, Setyo Utomo menyatakan selama ini Pasar Peterongan termasuk kawasan yang aman dari penularan Covid-19.

“Namun pedagang dan pembeli harus terus diingatkan jangan sampai lengah atau menghiraukan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah,” ujarnya.

Selain itu Utomo juga terimakasih adanya kegiatan sosialisasi dan pembagian masker yang dilakukan oleh para relawan pendukung satgas Penanganan Covid-19.

“Dukungan ini membantuk kami untuk semakin ketat memutus penularan Covid-19 di Semarang,” katanya

Kegiatan yang dilakukan di Pasar Peterongan ini adalah rangkaian dari edukasi pasar yang dilakukan secara nasional. Saat ini edukasi protokol kesehatan sedang berjalan dan ditargetkan ada 126 pasar di 30 kota.

Baca Berita Lainnya

Tim Relawan Satgas Penanganan Covid-19 ini dikoordinir oleh Andre Rahadian dibawah koordinasi Letnan Jenderal TNI Doni Munardo selaku ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Tim Relawan dibentuk dari berbagai elemen masyarakat dan komunitas sebagai bagian dari koordinasi pentahelix (5 unsur) yang bersinergi menangani Covid-19. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here