Pandemi Covid, Beberapa Layanan Gojek Malah Alami Peningkatan

Gojek. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Layanan pesan antar makanan dan kebutuhan sehari-hari menjadi lini bisnis Gojek yang meningkat. Selain itu, ada layanan pembayaran digital, layanan donasi digital, layanan hiburan dan acara online, serta layanan logistik Gojek.

Setidaknya ada beberapa layanan Gojek yang mengalami peningkatan permintaan selama periode Maret hingga Mei 2020 antra lain; GoFood dan GoMart, GoPay untuk keperluan transaksi dan donasi, GoGames, Goplay, GoTix, dan GoSend.

Menurut Arum Prasodjo selaku Manajer of Area Gojek Jateng, DIY, Jabar dan Banten, perilaku hidup masyarakat selama pandemi sangat berpengaruh kepada meningkatnya demand terhadap lima layanan andalan gojek itu.

“Karena masyarakat hanya di rumah saja, maka pesan layanan antar makanan menjadi penting, demikian juga hiburan dan permainan yang bisa dilakukan di rumah,” jelasnya saat ditemui di Semarang pada Kamis (9/7/2020).

Sementara itu, masyarakat juga semakin memanfaatkan layanan pengiriman barang sebagai pengganti silaturahmi tatap muka. Selama masa pandemi, jumlah pesanan layanan pengiriman GoSend meningkat hampir 90%.

“Khusus sepanjang bulan Ramadan tahun ini, lebih dari 80% transaksi GoSend berasal dari layanan mengantarkan makanan dan minuman, kegiatan yang memperlihatkan simbol perhatian dan kasih sayang antar kerabat,” jelas Arum.

Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan, Gojek menyediakan beragam solusi dan inovasi untuk mendukung masyarakat tetap produktif dengan mengedepankan aspek kesehatan, kebersihan dan keamanan yang kini menjadi bagian penting dari keseharian masyarakat di tengah pandemi global COVID-19.

“Sejak awal masa pandemi hingga memasuki masa tatanan baru sejumlah layanan Gojek mengalami peningkatan permintaan, menjadikan Gojek sebagai super app andalan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 untuk tetap produktif dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Nila.

Selama pandemi, masyarakat turut memanfaatkan kemudahan yang diberikan Gojek yang bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI untuk menghadirkan kebutuhan pokok lewat penambahan outlet Pasar Mitra Tani di layanan GoFood. Transaksi masyarakat di Pasar Mitra Tani turut naik 2,3 kali lipat sejak pertama diluncurkan di bulan April. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here