Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Ngaji Virtual Moderasi Beragama

Jalannya perekaman video ngaji virtual mahasiswa KKN UIN Walisongo di Pondok Pesantren Usmaniyyah Mranggen Demak Jawa Tengah. ( foto tim kkn)

DEMAK (SigiJateng) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dari Rumah ke-75 Kelompok 84, Universitas Isalam Negeri (UIN) Walisongo mengadakan perekaman ngaji online bersama KH Arif jatmiko, Kamis (15/10/ 2020) malam.

Bertemakan moderasi beragama, ngaji virtual ini dilakukan di Pondok Pesantren Usmaniyyah Mranggen Demak Jawa Tengah.

Ketua KKN kelompok 84 Abdul Wahib mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini untuk menambah wawasan masyarkat terkait moderasi beragama. Ngaji virtual sengaja dipilih karena masih pandemic covid.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk mengedukasi masyarakat bahwa dalam kondisi apapun, kita masih bisa mengaji. Dengan cara ini, kita sudah menjalankan protocol kesehatan. Tema yang kami angkat adalah pentingnya moderasi dalam beragama,”  kata Abdul Wahib.

Selain itu, dia mengatakan bahwa video akan tayang pada setiap Jumat melalui youtube dan Instagram. 

“Jadi pada Kamis  malam kami hanya melakukan pengambilan video saja. Lalu video akan di tayangkan setiap hari Jumat melalu  chenel youtube kami kkndr75_kelompok 84 dan Instagram (ig) kami kkdr.uinws84,”  ujarnya.

Mahasiswa yang sering disapa Wahib itu juga mengutarakan alasan tidak menyiarkan secara langsung.

“Sengaja kami tidak melakukan siarkan langsung dikarenakan supaya para penonton dapan menikmatinya kapanpun dan dimanapun berada,” terangnya.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) ini menambahkan, para penonton dapat bertanya melalu kolom komentar Youtube atau Ig, dan akan ditayangkan diepisode terakhir, saat KKN.

“Pada akhir episode nanti kami juga membuat video Quesetion and Answer (Q&E). Daan bagi enam penanya terbaik akan kami beri hadia pulsa Rp 25 ribu/ orang,” terangnya.

Atas kegiatan kegiatan ini KH Arif Jatmiko merespon positif. Bahkan dia akan menambah hadiah untuk penanya terbaik.

“Nanati saya tambahi Mas, menjadi Rp 100 ribu / orang. Nanti tinggal didata saja siapa saja yang enam penanya terbaik,” kata Kiai Arif Jatmiko. (Aris Syaefudin)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here