Omset Pasar Tani Blora Capai 32 Juta Rupiah

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Reni Miharti, Jumat (23/10/2020) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (SigiJateng) – Dengan adanya pasar tani yang diadakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora sangat membantu bagi petani. Kegiatan yang dihelat satu kali dalam satu minggu, yakni hari Jumat di halaman Dinas Pertanian Kabupaten Blora sejak bulan September 2020, mulai pukul 07.00 hingga selesai.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Reni Miharti memaparkan, kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan produk hasil pertanian ke konsumen untuk pemulihan ekonomi nasional yang ada di Kabupaten Blora.

Reni menjelaskan, sebelumnya harga produk hasil pertanian di Blora dijual sangat rendah, sehingga dijual dipasar tani ini bisa mengangkat harga jual.

“Kami memberikan arahan kepada para petani yang menjual dipasar tani agar harganya di bawah harga pasar, namun diatas harga ditingkat petani sehingga masih menguntungkan para petani,” ujar Reni Mihartini.

Syarat Bagi para pedagang yang akan ikut menjual barang daganganya di pasar tani antara lain, harus mengangkat produk produk yang dihasilkan petani Blora, dan dihasilkan oleh petani Blora. Selain itu Dinas Pertanian juga membantu semacam subsidi biaya transport.

“Kami sudah melakukan kegiatan ini selama 8 kali pelaksaaan, omzet dari Pasar Mitra tani paling rendah Rp.19 juta dan yang paling tinggi bisa mencapai Rp32 juta, dan ini sangat membantu sekali para petani,” tuturnya, Jumat (23/10/2020).

Seorang konsumen Pasar Mitra Tani, Lilis (35), mengaku terbantu dengan adanya pasar tersebut. Hampir tiap hari Jumat dirinya berbelanja untuk kebutuhan pokok.

“Saya lebih senang belanja di pasar tani ini, selain harganya lebih murah juga saya lebih nyaman karna protokol kesehatan benar benar diterapkan secara ketat oleh petugas,” ungkap Lilis. (Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini