Muncul Klaster Ponpes, Begini Kesigapan Satgas Percepatan Penanganan Covid -19 Temanggung

Tempat mencuci tangan di lingkungan Pondok Pesantren Darul Atsar Salamsari Kedu Temanggung, sebagai bentuk penerapan 3M guna mencegah klaster pesentren. ( foto ist)

TEMANGGUNG  (SigiJateng) — Munculnya klaster Ponpes, Satuan Tugas (satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung kembali mengoptimalkan pembinaan ke pondok pesantren. Langkah ini dilakukan agar tidak ada lagi klaster baru di pondok pesantren yang lain.

Sekretaris 2 Satgas Percepatan Covid-19, Joko Prasetyono,S.Sos,MM mengatakan, pembinaan akan dilaksanakan lebih intensif lagi pada pondok yang ada di wilayah kerjanya. Penerapan protokol kesehatan mutlak wajib dilakukan oleh ponpes- ponpes di Temanggung.

Tempat tidur santri di Pondok Pesantren Darul Atsar Salamsari Kedu yang dibuat berjarak renggang sebagai bentuk penerapan 3M, untuk mencegah klaster pesantren. ( foto ist)

“Kita memastikan bahwa pondok pesantren mutlak harus menerapkan protocol kesehatan sesuai dengan Surat Edaran Bupati dan Surat Edaran dari Kementrian Agama RI. Pesantran menerapakan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan sabun dan menjaga jarak,” jelas Joko disela kunjungan ke Pondok Pesantren Darul Atsar Salamsari Kedu, Rabu (7/10/2020).

Dia menegaskan, jika dalam protokol Kesehatan yang ada di pondok ditemukan kekurangan, maka Satgas Covid-19 Kecamatan wajib melakukan pembinaan dan evaluasi agar protokol Kesehatan di tempat itu bisa sesuai standar yang ditetapkan pemerintah.

“Jika ada kekurangan maka kewajiban satgas kecamatan dalam hal ini Puskesmas untuk melakukan pembinaan dan memenuhi supaya sesuai dengan protokol kesehatan yang memang harus dilakukan,” katanya.

Dia memastikan kepada seluruh pondok pesantren ini akan terus dilakukan pemantauan oleh Satgas Covid-19. Gerak cepat dilakukan agar tidak ada lagi penyebaran COVID-19 di lingkungan Pondok Pesantren di Temanggung. (*/aris)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

Berita Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini