Mulai Besuk Libur Panjang, Pengelola Tempat Wisata Diminta Terapkan Protokol Kesehatan

Lokasi wisata Bukit Kunci Blora, terapkan 3M.

BLORA (SigiJateng) – Menjelang Libur panjang, Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blora menghimbau pada pengelola tempat wisata untuk selalu menjaga protokol kesehatan, hal ini untuk mengantisipasi penyebaran covid 19 di bidang pariwisata.

Slamet Pamudji Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora mengatakan,  menjelang libur panjang ini, para pengelola tempat wisata agar memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. 

Slamet Pamudji Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora, Selasa (27/10/2020) (foto:agung/sigijateng)

“Himbuan ini untuk antisipasi membludaknya pengunjung di tempat wisata di libur panjang mulai Rabu (28/10/2020) besok,” jelas Slamet,  Selasa (27/10/2020)

Mumuk sapaan akrab Slamet Pamudji berharap para pengelola tempat wisata bisa menyiapkan tempat cuci tangan dan selalu membersihkan lokasi wisata sebelum buka dan setelah tutup. 

“Kami nanti akan pantau dan salalu komunikasi dengan para pengurus tempat wisata,” ujar mumuk.

Hanif Masadini (29), salah seorang pengurus destinasi wisata Bukit Kunci mengemukakan pihaknya siap mengantisipasi jika terjadi pembludakan pengunjung selama libur ini tentu dengan dengan memberlakukan sosial distancing, jaga jarak.

“Sebelum masuk lokasi, para pengunjung kita cek suhu tubuhnya, kemudian kita minta untuk cuci tangan, bahkan nanti kami akan membatasi pengunjung yang ada di lokasi wisata,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga siap membersihkan lokasi wisata setiap pagi atau sore hari dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah fasilitas wisata bukit Kunci.

“Semua fasilitas disemprot disinfektan, dan ini terus kami lakukan sejak pademi covid 19,” katanya

Seperti diketahui wisata di blora yang aktif dan dikelola ada sekitar 20 tempat wisata. Salah satunya wisata lokal Bukit Kunci yang dikelola oleh para pemuda setempat dengan menjual view alam yang menarik dan mempesona untuk mempromosikan potensi wisata desa.

Untuk menuju ke Bukit Kunci relatif mudah ditempuh dengan kendaraan sepeda motor atau sepeda ontel. Dari pusat pemerintahan Desa Bangowan, lokasi Bukit Kunci lebih kurang dua kilometer.

Jika cuaca cerah, pada jam tertentu pengunjung bisa menyaksikan keindahan Gunung Lawu yang tampak jelas dari jauh.

Kemudian, hamparan hutan, pemukiman dan persawahan hijau yang ada di bawah lokasi bukit Kunci, membuat mata memandang terkesima diterpa semilir angin yang membuat rindu dan betah berada di bukit Kunci.

Di lokasi tersebut juga dikembangkan tanaman secara hidroponik oleh pemuda desa Bangowan sehingga menginspirasi para pengunjung khususnya para remaja.(Agung)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

Berita Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini