Meski Pandemi, KPU Tetap Agendakan Debat Kandidat Tatap Muka

Yulianto Sudrajat, Ketua KPU Jawa Tengah. (foto dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memastikan akan tetap menggelar debat antar kandidat secara tatap muka. 

Padahal sebelumnya Gubernur Jawa Tengah; Ganjar Pranowo menyarankan pelaksanaan tahapan jelang pilkada dilakukan secara virtual mengingat adanya kerumunan saat pendaftaran calon pasangan kepala daerah pada pekan lalu.


Ketua KPU Jateng, Yulianto Sudrajat menyatakan pelaksanaan debat antar kandidat itu mengacu pada aturan dari KPU. 

“Dalam aturan itu, debat bisa digelar di Lembaga Penyiaran Publik atau Lembaga Penyiaran Swasta,” ujar Yulianto melalui pesan tertulis pada Senin (14/9/2020).

Berarti nantinya jika debat kandidat dilakukan berdasarkan protokol kesehatan, yang ada di ruang debat hanya pasangan calon, moderator, panelis dan tim kampanye serta KPU dan Bawaslu.

Dari acara di ruang tersebut, nantinya akan disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun televisi, radio maupun streaming melalui akun resmi media sosial milik KPU.

“Dengan cara ini, pendukung tidak perlu datang ke debat itu. Hal ini karena sudah kita fasilitasi melalui siaran. Pelaksanaan debat tetap di suatu tempat, baik di studio maupun tempat lain yang representatif,” sambungnya.

Pelaksanaan debat secara tatap muka itu, menurut Yulianto telah sesuai dengan amanat aturan KPU.

Berita Lainnya:



Meski digelar secara tatap muka dan dihadiri sejumlah orang, pihaknya memastikan masih bisa mengendalikan suasana di tengah pandemi. Hal itu ia tegaskan lantaran hanya pihak-pihak terkait saja yang hadir dalam acara tersebut.

“Jumlah orang yang hadir, kami batasi 50 orang saja. Yang lain tidak boleh datang. Pendukung cukup di rumah saja,” tegas Yulianto. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here