Menteri Perdagangan RI Tinjau Proses Produksi Gula di PT IGN Cepiring, Ini Yang Dilakukan

Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto didampingi Bupati dr Mirna Annisa beserta jajaran managemen PT IGN Cepiring melihat proses produksi gula di pabrik gula tersebut, Selasa (07/04/2020).

KENDAL (Sigi Jateng) – Kelangkaan akan gula pasir sebagai bahan pokok kebutuhan sehari-hari menyebabkan harga gula pasir di sejumlah pasar menjadi tinggi dalam kurun beberapa bulan terakhir ini.

Untuk mengatasi hal itu, pemerintah sendiri berusaha mengisi kekosongan stok gula pasir dengan membuka importasi bahan baku berupa gula mentah untuk diproduksi menjadi gula siap konsumsi di luar musim giling.

Bahkan untuk memproduksi gula mentah itu, tidak semua pabrik gula bisa memprosesnya. Salah satu pabrik yang mampu mengolah Tebu sekaligus Gula mentah menjadi konsumsi yakni Pabrik Gula Tjepiring di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pabrik Gula yang berdiri tahun 1835 tersebut, kini dikelola oleh PT. Industri Gula Nusantara (IGN). Pabrik IGN sendiri telah direvitalisasi sehingga mampu mengolah Gula Mentah menjadi Gula Konsumsi.

Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto didampingi Bupati dr Mirna Annisa berkesempatan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kendal, Selasa (07/04/2020). Selain memantau kondisi pasar Kaliwungu, dia juga menuju ke PT IGN Cepiring melihat proses produksi gula.

“PT IGN Cepiring memang diizinkan mengimpor raw sugar (gula mentah). Hingga kemarin sudah masuk sebanyak 20 ribu ton gula mentah. Harapannya segera diproduksi menjadi gula pasir,” kata Agus.

Agus mengatakan jika stok gula pasir dalam menghadapi Lebaran 1441 H masih bisa tercukupi hingga Juni 2020 mendatang. ” Pabrik IGN ini mampu mengolah sekitar 800 ton Gula Mentah perhari saat di luar musim giling. Diiharapkan bisa membantu Pemerintah dalam mengatasi kekurangan Gula Konsumsi di Pulau Jawa dan berbagai daerah di Indonesia,” terangnya.

Direktur HRD & Umum PT. IGN Cepiring, M. Burhan Murtaki mengatakan dalam rangka melakukan stabilitas harga gula pasir, pabrik IGN mendapatkan alokasi izin impor gula mentah ini didukung pemerintah.

“Kami berterima kasih bisa dipercaya untuk mendukung program Pemerintah dengan diberikannya izin impor Gula Mentah. Sehingga kami bisa mengoptimalkan operasional pabrik tetap berjalan meski di luar musim giling. Bahkan guna memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, PT IGN Cepiring akan berusaha memberikan yang terbaik,” tandasnya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini