Memiliki Aset 80 Miliar, BKM Kota Semarang Belum Memiliki Payung Hukum

Audiensi Forum BKM Kota Semarang dengan pimpinan DPRD Kota Semarang. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kota Semarang sampai sejauh ini sudah memberikan kontribusi di masyarakat berupa tanggap sosial, tanggap lingkungan, serta kesiap-siagaan masyarakat. Selain itu, BKM Kota Semarang saat ini memiliki aset senilai 80 Miliar rupiah.

Namun ternyata, eksistensi BKM Kota Semarang belum sempurna karena dalam kepengurusan Forum BKM belum ada dewan penasehat dan belum memiliki payung hukum tertentu.

Atas keluhan ini, Muhamad Yasin selaku Ketua Forum BKM Kota Semarang, melakukan audiensi dengan pimpinan DPRD Kota Semarang untuk mendapatkan solusi.

“Kami mengharapkan keterlibatan Anggota DPRD Kota Semarang untuk menjadi pelindung atau penasehat kami di kepengurusan,” ungkap Muhammad Yasin melalui pesan tertulis pada Selasa (14/7/2020).

Selain itu, Yasin mengharapkan Forum BKM memohon untuk dapat difasilitasi untuk bertemu dan melakukan audiensi dengan Walikota Semarang.

Lihat Berita Lainya

“Selanjutnya Forum BKM berharap DPRD Kota Semarang bisa mendorong Pemkot Semarang menjadikan BKM mempunyai payung hukum semisal perwal,” jelas Yasin.

Menanggapi dari apa yang disampaikan para anggota Forum BKM, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim, mengatakan bahwa usulan dan harapan yang disampaikan akan dibahas oleh Pimpinan DPRD Kota Semarang untuk ditindaklanjuti.

“Kami mengapresiasi para pengurus dan koordinator BKM yang dengan suka rela telah berkontribusi turut membantu Pemkot Semarang melalui BKM,” kata Mualim.

Mualim berharap BKM selalu bisa bersinergi dengan pemerintah untuk menjalankan program pengentasan kemiskinan di Kota Semarang.

“Kami berharap BKM bisa bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan keswadayaan masyarakat,” jelasnya.

Anggota BKM, Darsono mengharapkan Pemkot Semarang dapat melakukan pembinaan dan pengawasan dalam pengelolaan aset BKM baik berupa SDM ataupun aset senilai 80 Miliar berupa pinjaman bergulir yang masih berjalan. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here