Mahasiswa UNS KKN Covid-19, Fokus Edukasi dan Kampanye Pola Hidup Sehat

Nurul Sardiyah, mahasiswa UNS Solo mengikuti KKN COVID-19 saat melakukan edukasi kepada anak-anak. (Foto: Dok pribadi)

PURWOREJO (SigiJateng) – Universitas Sebelas Maret Surakarta membuat kebijakan baru terkait pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hal tersebut dilaksanakan terkait wabah pandemi COVID-19 yang belum reda di Indonesia. Program KKN yang biasanya dilaksanakan di lapangan kini menjadi KKN daring yang memanfaatkan teknologi. Kegiatannya berupa sosialisasi terkait bahaya virus COVID-19 hingga kampanye perilaku pola hidup sehat.

Nurul Sardiyah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS melaksanakan kegiatan KKN COVID-19 di kampung halamanya Sarangan, Krendetan, Bagelen, Purworejo. KKN COVID-19 dilaksanakan sejak pertengahan Mei 2020 hingga 30 Juni 2020. Dengan didampingi dosen pembimbing lapangan Bapak Drs. Wahyudi, M.Pd. yang juga dosen di prodi PGSD cabang Kebumen.

Warga sekitar rumah menjadi sasaran pelaksanaan program KKN COVID-19. Masih banyak ditemukan warga sekitar rumah yang bepergian tanpa menggunakan masker dan tidak mengindahkan aturan untuk jaga jarak.

“Pengetahuan mengenai bahaya virus COVID-19 perlu disosialisasikan kepada warga. Agar nantinya warga dapat beraktivitas sesuai protokol kesehatan dari pemerintah,” kata Nurul Sardiyah, Senin (29/6/2020).

Setelah meminta izin dari Pak RT dan berkoordinasi dengan pihak karang taruna dusun program KKN COVID-19 mulai berjalan. Seperti pemberian edukasi kepada warga terkait bahaya virus COVID-19 melalui WhatApp grup, sosial media milik pribadi, mengunggah video pada laman Youtube hingga pemberian masker dan sabun cuci tangan. “Pemberian sabun dan masker dilakukan dengan mendatangi rumah warga, hal ini dilakukan agar tidak mengumpulkan masa,” jelasnya.

Pemberian masker dan sabun juga dibarengi dengan pemberian informasi terkait cara cuci tangan yang benar dan mengapa harus menggunakan masker. Kegiatan ini, mendapat respons positif dari warga dusun, mereka merasa sangat terbantu dan menjadi bertambah pengetahuan mengenai virus COVID-19. “Ya, merasa sangat terbantu sekali dengan adanya program KKN ini. Jadi lebih tau bagaimana harus menyikapi virus ini,” kata Basrowi Ketua RT 01.

Selain pembagian masker dan sabun Nurul bekerja sama dengan karang taruna dusun melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dan lingkungan sekitar. Membuat tempat cuci tangan untuk fasilitas umum seperti pos kamling dan lapangan. “Dengan adanya kegiatan KKN COVID-19 ini diharapkan warga memiliki kepekaan dengan lingkungan sekitar. Bukan malah bersikap tidak peduli,” tutupnya.
(aris )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here