Mahasiswa UIN Walisongo Gaungkan Ngaji Sejak Dini

AMBARAWA (SigiJateng) — Berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi pendidikan dan agama di tengah pandemi, salah seorang mahasiswa KKN RDR (Reguler dari Rumah) ke-75, UIIN Walisongo Semarang gaungkan semboyan “Ngaji Sejak Dini buat Bekal hingga Akhirat Nanti”.

Semboyan tersebut dikemas dalam bentuk pelatihan BTA (Baca Tulis Alquran) di posko 85 yang terletak di Kec. Ambarawa.

Kegiatan yang diadakan mahasiswa UIN Walisongo tersebut dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat mulai pukul 16.00 hingga pukul 17.00 WIB yang diikuti oleh anak-anak di lingkungan sekitar posko.

“Awalnya kegiatan ini hanya diikuti oleh dua anak saja, Alhamdulillah sekarang pesertanya bertambah menjadi 7 anak,” ungkap Khoir mahasiswa KKN Reguler dari Rumah UIN Walisongo

Semarang, Jumat (30/10/2020).

Dia menambahkan, pelatihan ini didakan dengan tujuan membentuk dasar atau fondasi agama pada anak mengingat degradasi moral yang dinilai sudah semakin menguar di era globalisasi dengan cara mengajarkan dan mempelajari Alquran sebagai modal dasar.

Tak sampai di situ, kegiatan BTA ini juga mencakup pelatihan menulis huruf hijaiyyah, pelatihan menulis huruf latin, membaca kalimat, hafalan surat pendek dan doa harian, latihan Bahasa Arab dasar, hingga menggambar dan mewarnai bersama.

“Harapan kamai, kegiatan ini mampu membawa dampak positif pada anak serta mengurangi kecanduan mereka terhadap penggunaan gawai sebagai pengusir kebosanan di tengah pandemi Covid-19,” kata mahasiswa semester tujuh ini.

Baca Berita Lainnya

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. “Saya sekarang sudah bisa (melafalkan) doa masuk kamar mandi atau WC,” ujar Salsa, salah seorang peserta BTA posko 85 yang duduk di bangku taman kanak-kanak. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here