Mahasiswa UIN Walisongo Bagi-bagi Jahe dan Masker di Kudus, Ini Tujuannya

KUDUS (SIgiJateng)– Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah (RDR) 75 UIN Walisongo Semarang kelompok 19 membuat jahe bubuk yang dibagikan secara gratis di rumah-rumah warga yang dekat dengan Balai Desa Pedawang dan di Masjid Nurul Husna, Bae, Kudus.

Pembuatan jahe bubuk tersebut merupakan salah satu program kerja di bidang kesehatan tim KKK tersebut bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh.

“Pembuatan jahe bubuk ini memakan waktu cukup lama, karena setelah direbus diaduk sampai menjadi karamel. setelah itu baru di blender sampai halus,” kata Eka Farah sebagai koordinator pembuatan jahe bubuk, Minggu (08/11/2020)..

Selain berkhasiat untuk meningkatkan imun tubuh, jahe juga dipercaya mampu menangkal infeksi bakteri dan virus, meredakan nyeri haid, dan menurunkan glukosa darah sampai kolesterol.

Tim KKN kelompok 19, tidak hanya membagikan jahe bubuk secara gratis, tetapi juga membagikan hand sanitizer dan masker kepada warga desa pedawang. Hal ini dilakukkan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa atas pandemi Covid, sehingga warga menjadi tahu dan taat akan protokol kesehatan covid-19.

“Pembuatan jahe ini merupakan inisiatif dari kelompok. Sedangkan masker dan hand sanitizer ini merupakan bantuan dari pemerintah desa, jadi kita ikut membantu untuk membagikannya. Kami juga melakukan sosialisasi pentingnya 3M, memakai makser, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak,” tambah Bachrul Ulum sebagai Koordinator kelompok KKN 19.

Jahe bubuk, masker, dan hand sanitizer yang dibagikan dikemas dengan rapi menggunakan plastik dan botol yang ditempeli stiker logo KKN, logo UIN Walisongo Semarang, dan logo Moderasi Beragama. Pelaksanaan pembagian ini sudah dilakukan pada tanggal 1 november lalu.

Meski sempat mengalami kegagalan pada saat pembuatan jahe bubuk, kegiatan sosial ini berjalan dengan lancar. (Aem/aris)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here