Mahasiswa UIN Sulap Limbah Plastik Menjadi Pot Tanaman Bersama Anak-Anak

Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah UIN Walisongo Aulia Rohmatul Fitri berfoto bersama anak-anak. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah UIN Walisongo Aulia Rohmatul Fitri melakukan kegiatan pemanfaatan botol bekas dan limbah kemasan plastik untuk dijadikan pot tanaman pada Sabtu (14/11/2020) bersama anak-anak Karang Kimpul Selatan II, Kaligawe, Gayamsari, Semarang.

Kagiatan ini dilakukan karena banyaknya botol plastik yang terbuang begitu saja dan tidak benilai guna serta anak-anak yang terlalu sibuk dengan gadgetnya agar bisa produktif dan kreatif.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak agar dapat memanfaatkan botol bekas dan limbah kemasan yang susah terurai untuk bisa menjadi barang yang berguna serta dapat membuat anak-anak menjadi kreatif di pandemi Covid ini,” ujar Aulia.

Pemanfaatan botol bekas menjadi pot bisa dilakukan dengan cara memotong botol bekas menjadi dua bagian dengan lebih panjang bagian bawah, lalu kita bentuk sesuai dengan keinginan masing-masing, mewarnai botol dengan cat/ pilox, keringkan beberapa waktu, lubangi botol untuk membantu mengalirkan air yang disiram ke tanaman agar tanaman tidak cepat layu atau mati, kemudian isi dengan tanah dan pupuk sebanyak setengah botol lalu bibit tanaman letakkan di tengah dan tutup kembali dengan tanah. Dan yang terakhir ikat sisi botol menggunakan kawat.

Program kerja pemanfaatan botol bekas dan sampah plastik ini mendapat respon yang positif dari anak-anak dan orang tuanya.

Rumini salah satu orang tua mengatakan kegiatan pemanfaatan limbah plastik ini membuat anak sangat senang dan menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan limbah plastik untuk menjadi sesuatu yang berguna.

Baca Berita Lainnya

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan menanam ini anak-anak sangat happy dan dengan adanya kegiatan ini membuat masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan memanfaatkan limbah plastik.
Harapannya dengan adanya kegiatan ini warga masyarakat dapat meningkatkan rasa cinta lingkungan dengan pemanfaatan limbah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat,” pungkasnya. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here