Mahasiswa KKN Walisongo Gelar Pelatihan Pengolahan Kopi Kulit Pisang

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang, Aulia Rohmatul Fitri (kiri) adakan Pelatihan Pembuatan Kopi Kulit Pisang. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Berawal dari rasa prihatin akan banyaknya limbah di masyarakat serta para remaja yang perlu adanya dorongan untuk berwirausaha, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Aulia Rohmatul Fitri adakan pelatihan pengolahan limbah kulit pisang menjadi kopi kulit pisang dengan menggandeng para remaja Kaligawe Kota Semarang. Kegiatan ini dilakukan pada Selasa (17/11/2020).
Tujuan kegiatan ini adalah agar para remaja dapat memiliki jiwa berwirausaha serta menjadikan upaya dalam menjaga lingkungan.

‘”Pelatihan pengolahan kulit pisang menjadi kopi ini merupakan salah satu inovasi pemanfaatan limbah organik serta bertujuan untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha remaja meski di tengah pandemi Covid-19 ini,” ujar Aulia.

Cara pengolahan kulit pisang menjadi kopi yakni cuci bersih kulit pisang, kemudian potong-potong, lalu oven sekitar 1 jam sampai kulit menjadi kering, sangrai kulit yang sudah dioven sampa sekitar 1,5 jam sampang tercium bau kopi, haluskan menggunakan blender, dan yang terakhir kemas kopi kulit pisang dengan cantik.

Kopi kulit pisang ini mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Tubuh memerlukan senyawa antioksidan ini untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh yang memicu adanya stroke, penyakit jantung dan kanker.

Arneta, yang merupakan salahsatu peserta pelatihan kewirausahaan ini mengatakan rasa terimakasihnya kepada Aulia yang telah menginisiasi kegiatan ini.

“Terimakasih banyak untuk mbak Aulia hari ini saya mendapat pengetahuan baru dalam pengolahan kopi kulit pisang.”

Baca Berita Lainnya

Harapannya dengan diadakan pelatihan ini para remaja Kaligawe dapat termotivasi untuk berwirausaha dalam bidang apapun serta dapat lebih mencintai lingkungan. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here