Mahasiswa KKN-RDR Ke-75 UIN Walisongo Semarang Ikuti “Muludan”

JEPARA (SigiJateng) – Mahasiswa KKN-RDR Ke-75 UIN Walisongo Semarang kelompok 22 mengikuti acara tahunan “Muludan” di rumah guru ngaji, Dukuh Kauman (03/03), Desa Bandungrejo Kec. Kalinyamatan Kab. Jepara, Senin (19/10/2020).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati dan menyambut hari lahir junjungan umat Islam Nabi Agung Muhamad SAW yang jatuh pada bulan Rabiul Awal.

“Muludan, adalah sebutan untuk acara maulid nabi bagi orang Jawa, diperingati setiap satu tahun sekali dimulai pada tanggal 1 Rabiul Awal dan puncaknya pada tanggal 12 Rabiul Awal bertepatan dengan hari lahir Rasulullah SAW”, kata Riayatul (21), salah satu anggota kelompok 22 KKN UIN Walisongo Semarang.

Dikatakan dia, kegiatan ini diikuti oleh sebagian besar anak-anak Madin (Madrasah Diniyyah). Acara ditutup dengan pembagian jajan sebagai media penanaman “shadaqah” yang dibebankan terhadap masing-masing peserta kegiatan.

Menanamkan cinta kepada Rasul Allah memang harus diterapkan sejak dini kepada anak-anak. Karena kegiatan ini diselenggarakan di tengah pandemi, maka sebelum memasuki ruangan diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar semua peserta tidak hanya dalam keadaan bersih tetapi juga suci.

Halimah (45), selaku guru ngaji dan penanggung jawab acara mengatakan, kegiatan Muludan di tempatnya ini memang berbeda dengan beberapa daerah yang lain, karena yang mengikuti acara kebanyakan anak-anak kecil dan dilaksanakannya setelah mereka pulang sekolah Madrasah Diniyyah maupun TPQ.

“Rencananya kegiatan ini akan berlangsung hingga 12 hari kedepan, dan puncaknya jatuh pada hari Kamis 29 Oktober 2020,”kata Halimah.

Mansyur (40), salah satu orang tua anak mengaku senang dan bangga dengan adanya kegiatan yang memang sudah ada sejak dulu ini.

Baca Berita Lainnya

“Senang dengan adanya Muludan ini anak saya bisa ‘hormat kanjeng Nabi’ dan semakin senang sholawatan, semoga selalu terpelihara kegiatan-kegiatan yang baik seperti ini,” kata Mansyur. (*/viant)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini