Lagi, 18 Lembaga Pemerintahan Ini Bakal Dirampingkan

Presiden RI Jokowi. Foto : Biro Setpres RI

Jakarta (Sigi Jateng) – Dalam waktu dekat ini, sebanyak 18 lembaga bakal dirampingkan. Seperti yang sudah dilakukan pada sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020 lalu.

Presiden Joko Widodo, dalam pertemuan dengan sejumlah media, di Jakarta pada Senin (13/7/2020). Dia menegaskan kembali akan membubarkan lembaga hingga perombakan kabinet.

“Ada perampingan, dalam waktu dekat jumlahnya 18 (lembaga),” kata Jokowi, di Istana Merdeka.

“Semakin ramping organisasi, cost-nya juga semakin kita kendalikan anggaran biaya. Kita lihat kalau kita kembalikan ke menteri, ke dirjen, ke direktorat, kenapa harus pakai badan-badan atau komisi-komisi itu lagi?” kata dia.

Menurutnya dengan perampingan lembaga dan komisi, Jokowi berharap pemerintahan dapat bekerja lebih efisien.

“Kapal itu se-simple mungkin sehingga bergeraknya semakin cepat, organisasi ke depan kira-kira seperti itu, negara yang cepat akan mengalahkan yang lambat, bukan negara gede mengalahkan negara kecil,” tuturnya.

Lihat Berita Lainya

Terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menambahkan lembaga yang akan dibubarkan berbentuk komite, komisi hingga badan. “Tapi nanti kita finalkan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pada pemerintahan jilid I (2014-2019) lalu Presiden Jokowi telah membubarkan sebanyak 23 lembaga. (Ant/dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini