Kurangi Sampah Plastik, Masjid Baitul Amin Distribusikan Daging Kurban Gunakan Besek

Panitia Kurban Masjid Baitul Amin Tugurejo Semarang mengemasi daging qurban menggunakan besek. Mereka tidak menggunakam plastik demi menjaga lingkungan. (Foto Mushonifin/Sigijateng)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Dalam rangka mendukung program Go Green, Masjid Baitul Amin, Tugurejo, Kecamatan Tugu Kota Semarang membagikan ratusan paket daging kurban dengan memakai besek.

Besek adalah sebuah wadah tradisonal yang  terbuat dari anyaman bambu yang bisa dipakai berulang-ulang dan multi fungsi.

Hingga kemarin sore, Jum’at (31/7/2020) panitia kurban telah mendiatribusikan sekitar kurang lebih 1.500 besek.

Ketua Takmir Masjid Baitul Amin, Ustadz M Sabiq Kamalul Haq mengatakan, untuk mengurangi limbah plastik, panitia menggunakan besek dari bambu. Penggunaan besek ini sebagai wujud dukungan kita kepada Pemerintah Kota Semarang yang telah memberikan surat edaran jauh-jauh hari.

“Kita sangat mendukung program Pemerintah Kota Semarang dalam mengurangi sampah plastik. Karena pada dasarnya agama juga menyuruh agar umat Islam memelihara lingkungan. Jadi  mengurangi plastik sama dengan juga mengikuti perintah agama,” terang ustadz muda yang juga ketua DPK KNPI Kecamatan Tugu ini.

Ia menambahkan, pada tahun ini, Masjid Baitul Amin menyembelih 5 sapi dan 39 kambing. Hewan kurban tersebut berasal dari warga RW 03 Tugurejo dan beberapa perusahaan di lingkungan RW 03.

Camat Tugu Mochamad Imron mengapresiasi kegiatan pembagian daging kurban menggunakan besek yang di lakukan Masjid Baitul Amin. Karena akan bisa mengurangi plastik dan mendukung program pemerintah.

BERITA LAINNYA:

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Takmir Masjid Baitul Amin Tugurejo yang telah melaksanakan penyembelihan hewan qurban dengan menggunakan besek. Sehingga tidak menimbulkan sampah plastik,” ujar camat yang juga ketua Pemuda Pancasila Kota Semarang ini. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here