Kuliah Online, FITK UIN Walisongo Adakan Pelatihan E-Learning Versi Terbaru untuk Dosen

Suasana pelatihan E-Learning versi terbaru untuk dosen di aula FITK. (Humas)

SEMARANG (SigiJateng) – Guna menyiapkan kuliah semester gasal 2020/2021, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang melaksanakan pelatihan e-Learning bagi dosen. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Aula FITK pada hari ini (28/7/200) secara terbatas dengan menggunakan protokol covid-19.

Pelatihan dilaksanakan beberapa gelombang, pertama untuk para dosen dan kedua untuk pimpinan.

Dekan FITK UIN Walisongo, Dr. Lift Anis Maksumah menyampaikan bahwa tujuan dilakukan pelatihan ini untuk melatih para dosen tentang E-Learning Modle dengan themplate terbaru. Di tengah-tengah kondisi tanah air yang sedang menghadapi virus corona, sistem perkuliahan harus tetap berjalan dengan maksimal dan optimal.

Sebenarnya dosen sudah biasa menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet dan Whatsapp dalam perkuliahannya selama corona.

“Meski mahasiswa belajar secara online kami berharap para dosen tidak hanya transfer ilmu saja, akan tetapi juga harus transfer nilai-nilai kepada mahasiswanya. Misalnya saja kejujuran dalam mengumpulkan tugas, kejujuran dalam mengerjakan makalah, serta kedisiplinan selama kuliah online,” katanya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari TOT e-learning yang dilaksanakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Walisongo.

Meski para dosen ini ada yang usianya sudah tidak muda lagi, akan tetapi perkuliahan online ini menjadi tantangan yang harus dimiliki para dosen di era millenial ini.

“Akselerasi pembelajaran daring di era pandemi ini menjadi kebutuhan dosen dalam mendidik mahasiswa. Selain itu, pembelajaran daring ini menjadi keharusan bagi dosen,” tambahnya.

Narasumber pada pelatihan tersebut yaitu Massobirin MPd dari Rumah Peradaban dengan makalah yang berjudul Pola dan Mode Pembelajaran Online. Adapun fasilitatornya yaitu Saiful Bachri M.Pd, Hamdan Husein Batubara MPd, Ahmad Rofiq MPd. dan Daviq Rizal MPd. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here