KONI Jateng Lakukan Rapid Test kepada Atlet dan Pelatih Pelatda PON XX

Ilustrasi

SEMARANG (SigiJateng) – Para atlet dan pelatih Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON XX akan menjalani Rapid Test di Kantor KONI Komplek Jatidiri Semarang, Rabu (15/7) ini mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai. Kegiatan ini dilaksanakan oleh KONI Jateng bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

“Rapid Test akan dilakukan dalam beberapa tahap. Rabu besuk (15/7/2020) adalah tahap pertama,” kata Wakil Ketua PanitiaTest Covid-19 dr Mahalul Azam, melalui siaran pers yang diterima Sigijateng, Selasa (14/7/2020).

Dikatakan Azam, peserta Rapid Test tahap pertama adalah para atlet dan pelatih yang berdomisili di Kota Semarang, yakni sebanyak 165 atlet dan 59 pelatih, berasal dari 25 cabang olahraga.

Kemudian dalam pelaksanaan tes, jumlah peserta akan bagi sesuai cabang olahraga dan juga waktu kedatangan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerumunan massa. Kemudian petugas yang melakukan tes juga lebih dari satu sehingga waktu tunggu masing-masing atlet atau pelatih tidak terlalu lama.

‘’Nanti atlet dan pelatih masuk dari satu pintu, yakni pintu utama. Dari area parkir, mereka akan dicek suhu tubuhnya oleh petugas,’’ kata Azzam.

Azzam juga menjelaskan, jika di tempat keramaian seperti mal ketika ada orang yang bersuhu lebih dari 37,3 derajat celcius dilarang masuk, maka dalam tes nanti yang mendapati kondisi seperti itu akan langsung diprioritaskan. ‘’Yang akan kami tangani khusus, bukan sekedar rapid test,’’ jelasnya.

Sementara Ketua Umum KONI Jateng Subroto mengungkapkan bahwa pihaknya berkeinginan untuk melakukan tes kepada atlet dan pelatih Jateng agar diketahui kondisi kesehatan para atlet dan pelatih.

‘’Ternyata dari pihak Dinas Kesehatan Jawa Tengah antusias menyambutnya. Karena itu, kami sampaikan terima kasih kepada Dinkes juga tak lupa kepada Bapak Gubernur (Ganjar Pranowo) perhatiannya kepada perkembangan atlet Jateng,’’ katanya. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here