Konferwil II AMSI Jateng Digelar 28 November Dibuka Gubernur Ganjar

Ketua AMSI Jateng Suwarmin. ( foto ist)

SEMARANG (SigiJateng) – Konferensi Wilayah II Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah akan digelar di Pesonna Hotel Semarang 27-28 November 2020.  Acara tiga tahunan ini akan membahas program- program AMSI Jateng beberapa tahun ke depan. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, direncanakan akan membuka acara ini.

Ketua AMSI Jateng, Suwarmin mengatakan, agenda Konferwil II AMSI Jateng 2020 ini selain reorganisasi pengurus, juga akan digelar kegiatan upaya peningkatan kapasitas media siber di Jateng. Sehari sebelum pemilihan ketua AMASI Jateng 2020-2023 akan digelar seminar bersama Google, Facebook, dan Tiktok.

“Konferwil II akn digelar Sabtu. Rencana dibuka sama Pak Gubernjr. Untuk seminar digelar Jumat, nanti juga disiarkan secara streaming melalui Youtube, dan Zoom, sehingga siapapun bisa melihatnya,” kata Ketua AMSI Jateng, Suwarmin, Sabu (21/11/2020).

Seminar dengan menghadirkan perwakilan platform Google, FB, dan Tikton ini nantinya tidak hanya diikuti anggota AMSI, tetapi juga mahasiwa dan masyarakat umum secara daring.

Suwarmin menuturkan seminar tersebut untuk mengedukasi masyarakat bagaimana cara membuat konten yang menarik dan sehat bagi publik. Tidak hanya konten berita, namun konten yang lain.

“Perlu kerja sama antara platform itu dengan media tentang konten. Tidak hanya media, tapi konten lain karena banyak konten kreator di platform itu. Untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas, kemudian bagaimana memaksimalkan secara klik,” jelas mantan Pimred Solopos ini.

Selain gubernur, akan hadir pula Ketua AMSI Pusat, Wenseslaus Manggut, dan sejumlah pengurus lain. Pengurus AMSI tetangga, dari Jawa Timur juga direncanakan hadir.

Konferwil ini juga sebagai sarana penguatan anggota AMSI Jateng yang berjumlah sebanyak 22 perusahaan media. Untuk menjadi anggota AMSI, tidak lah sembarangan, perusahaan harus berbadan hukum berbentuk PT, juga memenuhi persyaratan yang disyaratkan Dewan Pers.

Selain itu, pemimpin redaksi perusahaan media yang merupakan anggota AMSI juga harus terkualifikasi Wartawan Utama melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Kami terus mendorong industri media yang profesional. Jadi memang tidak setiap media kami terima (sebagai anggota AMSI),” imbuhnya.

Ketua Panitia Konferwil II AMSI Jateng Erwin Ardian mengatakan, untuk seminar Google, FB dan Tittok digelar secara online dan ofline. Sedangkan konferwil ini akan digelar secara ofline atau tatap muka. “Konferwil akan dilaksanakan dengan menjalankan protocol kesehatan, guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona,” katanya.  (mushonifin)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here