Ketua KSPI Kota Semarang Nekat Jalan Kaki Semarang-Jakarta, Apa Tujuannya?

Zainuddin, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kota Semarang nekat berjalan kaki Semarang-Jakarta untuk tolak Omnibus Law. (foto mushonifin/sigijateng)

SEMARANG (Sigu Jateng) – Merespon pembahasan klaster ketenagakerjaan dalam omnibus law oleh DPR, Zainuddin, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kota Semarang nekat melakukan aksi jalan kaki dari Semarang menuju Jakarta.

Zainuddin merasa kecewa dengan sikap DPR yang terus memnahas omnibus law walaupun ditolak oleh kaum buruh. Kekcewaannya memuncak setelah DPR akhirnya membahas klaster ketenagakerjaan pada Jum’at (25/9/2020) malam.

Zainuddin, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kota Semarang

Klaster ketenagakerjaan sendiri membahas tentang; pertama, materi klaster ketenagakerjaan yang mengatur soal perjanjian kerja waktu tertentu, upah, pesangon, hubungan kerja, PHK, jaminan sosial, dan penyelesaian hubungan industrial mesti berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).


Kedua, sanksi pidana ketenagakerjaan dikembalikan sesuai dengan ketentuan UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003.

Ketiga, aturan tentang hubungan ketenagakerjaan dimasukkan dalam RUU Cipta Kerja dan pembahasannya terbuka terhadap masukkan publik.

Keempat, serikat buruh meminta poin-poin materi yang disampaikan masuk dalam daftar inventarisasi masalah (DIM) fraksi.


“Dalam rangkaian penolakan Omnibus Law, hari ini saya Ahmad Zainudin pegiat buruh Jawa Tengah beserta kawan-kawan buruh Jawa Tengah melakukan aksi jalan kaki (Long March) Semarang – Jakarta menuntut dicabutnya kluster ketenagakerjaan dari RUU Omnibus Law yang saat ini sedang dibahas di baleg DPR RI,” ujarnya sebelum berangkat berjalan kaki pada Sabtu (26/9/2020).

Zainuddin mengatakan sesampainya di Jakarta dirinya akan berorasi di depan gedung DPR RI Senayan.

“Saya akan langsung ke Senayan dan berorasi di sana. Anggota DPR harus sadar bahwa mereka adalah wakil rakyat, jadi mereka harus mendengan jeritan rakyat,” tukasnya. (Mushonifin)

Berita Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini